Heboh Muncul Tagar MenteriMesum Usai Azwar Anas Jadi Menpan RB

Heboh Muncul Tagar MenteriMesum Usai Azwar Anas Jadi Menpan RB

Nasional | law-justice.co | Kamis, 8 September 2022 - 09:20
share

Tanda pagar atau tagar MenteriMesum Trending di Twitter saat tengah malam, apakah Menpan RB Azwar Anas ? Eh ada cewek VCS nimbrung.

Tagar MenteriMesum mulai Trending di Twitter pukul 00.00 WIB pada Rabu (8/9/2022) dan tweet netizen mengaitkan dengan Menpan RB Azwar Anas .


Selain netizen umum yang menyertakan tagar MenteriMesum terkait Menpan RB Azwar Anas , juga banyak cewek VCS yang ikut nimbrung pakai tagar MenteriMesum .

Beragam tweet netizen terkait dengan tagar MenteriMesum , ada yang mengunggah berita tentang pelantikan Azwar Anas oleh Presiden Ri Jokowi sebagai Menpan RB .

Lantas, mengapa tagar MenteriMesum dikaitkan dengan Menpa RB Azwar Anas ?

Hasil penelusuran Tribunpekanbaru.com, Azwar Anas merupakan mantan Bupati Banyuwangi periode 2010-2015.

Usai menjadi bupati, Azwar Anas mencalonkan jadi wakil gubernur Jawa Timur berpasangan dengan Gus Ipul.

Namun, saat itu beredar foto mesum yang diduga adalah Azwar Anas .

Azwar Anas memutuskan mengundurkan dari dari pencalonan sebagai wakil gubernur.

Walau pada saat itu ia sudah dideglarasikan oleh PDI Perjuangan sebagai cagub mendampingi Gus Ipul.

Usai mengundurkan diri, Azwar Anas mengaku bahwa ia mundur karena foto mesum yang beredar.

Dilansir dari suara Denpasar.com, saat itu, Azwar Anas mengaku tidak ingin menjadi beban, maka ia memutuskan muncur.

Saya tidak ingin menjadi beban. Maka saya memilih mundur, kata Azwar Anas kepada wartawan 8 Januari 2018.

Satu alasannya lagi, dia tak ingin Pilgub Jatim dirusak isu-isu negatif. Katanya, lebih penting jika Pilgub Jatim menjadi festival ide, gagasan, dan program yang bisa mencerdaskan masyarakat.

Dengan pertimbangan yang lebih besar inilah, lebih bagus saya mengambil sikap mengundurkan diri, jelas dia.

Setelah tidak menjabat jadi Bupati Banyuwangi, dan gagal melaju di Pilkada Jatim, Abdullah Azwar Anas diketahui menjadi Kepala Lembaga Kebijakan Pengadaan Barang/Jasa Pemerintah (LKPP) sejak 13 Januari 2019.

Dilantik Jadi Menpan RB

Presiden Joko Widodo menjelaskan alasannya memilih Abdullah Azwar Anas sebagai Menteri Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi (Menpan-RB).

Presiden mengatakan, dirinya melihat Anas sebagai sosok yang memiliki rekam jejak (track record) yang baik dalam hal reformasi birokrasi.

"Kita semua tahu Pak Azwar Anas track record-nya jelas waktu memegang birokrasi di Banyuwangi banyak sekali yang saya lihat, saya lihat langsung ke sana," ujar Jokowi usai pelantikan di Istana Negara, Rabu (7/9/2022).

"Inovasi-inovasi di bidang pelayanan publik, inovasi-inovasi di urusan KTP, urusan perizinan, dan bisa dilakukan di pasar, di mal, saya kira beliau termasuk yang pertama saat itu.

Sehingga, track record itu yang menyebabkan kita memilih Pak Azwar Anas," tegas presiden.

Jokowi pun meminta agar Anas melakukan reformasi birokrasi secara cepat saat menjadi Menpan-RB.

Selain itu, Anas diminta menjadikan birokrasi pemerintah lebih melayani dan disiplin.

"Sekali lagi PAN-RB. RB-nya reformasi birokrasi. Jadi digarap secara cepat sehingga birokrasi kita menjadi birokrasi yang melayani, birokrasi dengan kedisiplinan yang tinggi," tegas Jokowi.

"Beliau enggak usah di-anu-lah. Enggak usah dipesen-pesen. Sudah ngerti apa yang harus dilakukan, sangat ngerti. Bukan ngerti, tapi sangat ngerti," tambah Presiden.

Presiden Jokowi secara resmi melantik Abdullah Azwar Anas sebagai Menpan-RB di Istana Negara, Rabu.

Pelantikan tersebut berdasarkan Keputusan Presiden (Keppres) Nomor 91/P Tahun 2022 tentang Pengangkatan Menteri Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi Kabinet Indonesia Maju dalam sisa masa jabatan periode tahun 2019-2024.

Adapun Abdullah Azwar Anas dikenal luas oleh publik sebagai Bupati Banyuwangi yang menjabat sejak 21 Oktober 2010 hingga 17 Februari 2021.

Sejak 13 Januari 2022, ia menjabat sebagai Kepala Lembaga Kebijakan Pengadaan Barang/Jasa Pemerintah (LKPP).

Azwar diketahui juga merupakan politisi dari Partai Demokrasi Indonesia Perjuangan (PDI-P).

Seperti diketahui, posisi Menpan-RB definitif sudah kosong selama lebih dari dua bulan setelah Tjahjo Kumolo meninggal dunia pada 1 Juli 2022.

Setelah Tjahjo Kumolo wafat, Jokowi telah menunjuk Menteri Koordinator Bidang Politik, Hukum, dan Keamanan Mahfud MD sebagai pelaksana tugas Menpan-RB.

Pernah Jadi Bupati Banywangi

Abdullah Azwar Anas, mantan Bupati Banyuwangi dua periode, dipilih Presiden Joko Widodo ( Jokowi) sebagai Menteri Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi ( MenpanRB).

Jabatan MenpanRB sebelumnya diisi oleh Tjahjo Kumolo yang meninggal pada 1 Juli 2022 lalu.

Pelantikan tersebut dilakukan berdasarkan Keputusan Presiden (Keppres) no 91B tahun 2022 tentang pengangkatan Menteri Pendayagunaan Aparatur Negara Dan Reformasi Birokrasi yang ditetapkan oleh Presiden Joko Widodo, di Istana Merdeka, Jakarta, pada Rabu (7/9/2022) kemarin.

Jokowi pun membacakan sumpah yang diikuti oleh Azwar Anas.

"Demi Allah Saya bersumpah bahwa saya akan setia kepada UUD 1945 serta akan menjalankan segala peraturan perundang-undangan dengan selurus-lurusnya. Demi darma bakti saya kepada bangsa dan negara.

Bahwa saya dalam menjalankan tugas jabatan akan menjunjung tinggi etika jabatan, bekerja dengan sebaik-baiknya dengan penuh rasa tanggung jawab," ucap Jokowi dan diikuti Azwar.

Diketahui, sebelum menjabat MenPANRB, Azwar Anas menduduki posisi Kepala Lembaga Kebijakan Pengadaan Barang/Jasa Pemerintah (LKPP).

Azwar Anas juga pernah menjabat Bupati Banyuwangi selama dua periode, yakni 2010-2015 dan pada 2016-2021.

Azwar juga pernah menjabat sebagai anggota MPR RI (1997-1999) dan anggota DPR RI (2004-2009)

Topik Menarik