Loading...
Loading…
Pengamat Nilai Kenaikan Harga BBM Jadi Momentum Pemerintah Benahi Transportasi Publik

Pengamat Nilai Kenaikan Harga BBM Jadi Momentum Pemerintah Benahi Transportasi Publik

Powered by BuddyKu
Nasional | Inews | Senin, 05 September 2022 - 11:56

JAKARTA, iNews.id - Pengamat Transportasi Djoko Setijowarno menyebut, kenaikan harga bahan bakar minyak (BBM) baik dilakukan di era saat ini. Menurutnya, kebijakan ini baiknya tidak berlaku untuk transportasi publik.

Menurutnya, momentum kenaikan harga BBM bisa dimanfaatkan pemerintah untuk membenahi transportasi publik.

Kenaikan harga BBM, sesungguhnya peluang bagi pemerintah untuk menata angkutan umum, baik penumpang maupun barang. Sebaiknya harga BBM bersubsidi untuk angkutan umum yang berbadan hukum tidak perlu naik, ujar Djoko dalam keterangan tertulis kepada MNC Portal Indonesia , Senin (5/9/2022).

Djoko menilai pemerintah perlu memberikan subsidi untuk angkutan umum, baik angkutan penumpang maupun barang yang berbadan hukum. Lantaran, subsidi angkutan barang untuk meningkatkan kesejahteraan pengemudi yang selama ini kerap dilirik sebelah mata oleh pemerintah.

Padahal, pengemudi angkutan barang menjadi ujung tombak kelancaran arus barang, kata dia.

Lebih lanjut, Djoko memaparkan, selama ini 80 persen penikmat BBM bersubsidi adalah kelompok masyarakat mampu. Sementara hanya 20 persen dinikmati masyarakat kurang mampu. Artinya, ada pengguna BBM bersubsidi masih belum tepat sasaran.

Dia mengatakan, apabila itu terus dibiarkan, maka tidak menutup kemungkinan angkutan umum akan menghilang digantikan kendaraan pribadi yang terus menjamur dan menikmati BBM bersubsidi dari pemerintah.

Pada 10 tahun ke depan, kendaraan pribadi motor dan mobil akan terus bertambah, di sisi lain, angkutan umum tanpa kebijakan yang berpihak dan komprehensif kian mendekati kepunahan, ucapnya.

Oleh karena itu, pemerintah sebaiknya fokus menata dan mengembangkan angkutan umum penumpang tanpa menaikkan harga BBM bersubsidi. Menurutnya, saat ini pengawasan penyaluran BBM bersubsidi untuk angkutan umum bisa melalui aplikasi yang ditunjang dengan penataan operator.

Original Source

Topik Menarik