Loading...
Loading…
CRU Mila Bersama Warga Gampong Riweuk Giring Kawanan Gajah Liar ke Hutan

CRU Mila Bersama Warga Gampong Riweuk Giring Kawanan Gajah Liar ke Hutan

Nasional | acehsatu.com | Senin, 05 September 2022 - 11:48

ACEHSATU.COM | Sigli - Warga Gampong Riweuk bersama Conservation Respon Unit (CRU) Mila mengiring kawanan gajah liar kembali ke hutan belantara setelah gajah liar tersebut memasuki perkebunan dan merusak tanaman milik warga di wilayah Kabupaten Pidie.

Leader Tim CRU Mila, Kausar di Pidie, Minggu mengatakan kawanan gajah itu hampir setiap hari dalam sebulan terakhir berpindah lokasi dari kebun ke kebun lain yang ada di wilayah Kabupaten Pidie.

Wilayah yang disinggahi gajah tersebut diantaranya Kecamatan Padang Tiji, Mila, Sakti, Keumala dan Tangse.

"Gajah itu nantinya akan kembali, mereka hanya pindah lokasi saja yang berdekatan di wilayah Pidie, Sabtu (3/9) kami lakukan penggiringan gajah kembali ke hutan yang menyasar ke lahan perkebunan warga di Gampong Riweuk Kecamatan Sakti Kabupaten Pidie," kata Kausar.

Upaya pengusiran yang bisa dilakukan dengan penggiringan, disamping itu dengan bunyi kembang api atau petasan dan pemasangan pagar kawat power fencing sebagai solusi dalam mengatasi konflik manusia dengan gajah agar tidak bisa masuk ke permukiman dan perkebunan penduduk.

Menurutn Kausar, dalam proses pengusiran gajah sangat sulit dipindahkan karena gunung dan hutan di wilayah Pidie sangat berdekatan, sehingga gajah itu hanya berpindah tempat dan akan kembali lagi.

"Kami terus melakukan pengkajian ulang mengenai di mana habitat asalnya dan kenapa konflik selalu terjadi di lahan pemukiman, kami juga membutuhkan kerja sama semua pihak terkait dalam penanganan konflik ini," kata Kausar.

Original Source

Topik Menarik