Loading...
Loading…
Jajaran Pemkot Surabaya Sediakan Layanan Pengantaran Berkas Adminduk

Jajaran Pemkot Surabaya Sediakan Layanan Pengantaran Berkas Adminduk

Nasional | jawapos | Minggu, 04 September 2022 - 12:09

JawaPos.com Jajaran Pemerintah Kota Surabaya, Jawa Timur berupaya mempermudah masyarakat dalam mengakses layanan publik. Salah satunya menyediakan layanan pengantaran berkas administrasi kependudukan (adminduk), dikutip dari ANTARA .

Di Kelurahan Pucang Sewu sendiri, sudah kami lakukan seminggu tiga kali, mulai dari siang hingga sore, kata Lurah Pucang Sewu Kenny Pieter Tupamahu di Surabaya, Minggu (4/9).

Pihaknya juga melakukan jemput bola untuk menjaring permasalahan warga atau pelayanan secara dari rumah ke rumah, atau mengunjungi warga secara langsung di rumahnya.

Dari penjaringan layanan tersebut, pihaknya mendapati banyak layanan adminduk hingga konsultasi BPJS yang belum dimanfaatkan secara optimal oleh masyarakat.

Untuk itu, pihaknya terus berkeliling untuk memudahkan masyarakat mengakses layanan Sayang Warga.

Tapi tidak menutup kemungkinan untuk on call (melalui telepon) mendatangi warga. Apalagi, sekarang layanan Sayang Warga juga menambah jam operasional pada Selasa malam, pukul 18.00-20.00 WIB di setiap Balai RW, ujar dia.

Lurah Pacar Keling Sri Sukariati mengatakan salah satu bentuk layanan yang diberikan pihaknya berupa bantuan kepada warga agar tidak mengeluarkan biaya transportasi untuk pengurusan layanan publik.

Alhamdulillah warga sangat antusias, karena semua pelayanan publik tersedia di Balai RW. Apabila warga tidak bisa datang untuk mengambil berkas, maka staf kami bisa mengantarkan berkas tersebut kepada warga, katanya.

Ia berharap, dengan adanya pendekatan layanan Sayang Warga tersebut, masyarakat Kota Surabaya bisa lebih mudah dalam memanfaatkan berbagai layanan publik.

Wali Kota Surabaya Eri Cahyadi sebelumnya mengatakan peran pemerintah mendekatkan pelayanan kepada masyarakat.

Pelayanan yang biasa dilakukan di kelurahan/kecamatan, maka saat ini bisa dilakukan di seluruh Balai RW di seluruh Surabaya, katanya.

Ia mengatakan camat dan lurah di Kota Surabaya membuka layanan Sayang Warga atau layanan publik secara serentak dan bergiliran di setiap Balai RW di lingkungan masing-masing. Saat ini, layanan Sayang Warga digelar setiap Selasa, mulai pukul 18.00-20.00 WIB, sedangkan pada Jumat mulai pukul 08.00-11.00 WIB.

Salah satu warga Kelurahan Pucang Sewu, Oni Mujiono, mengatakan dengan adanya layanan Sayang Warga dan inovasi yang dilakukan Pemerintah Kelurahan Pucang Sewu membuatnya semakin mudah mengakses layanan kependudukan.

Saya sangat mengapresiasi kinerja Pak Lurah, karena langsung mengantarkan berkas keluarga saya yang sudah jadi kemarin, katanya.

Original Source

Topik Menarik