Warna-Warni Indah Tabebuya Bermekaran di Jalanan Surabaya

Warna-Warni Indah Tabebuya Bermekaran di Jalanan Surabaya

Nasional | jawapos | Jum'at, 2 September 2022 - 12:43
share

JawaPos.com- Bulan ini jalan protokol Kota Surabaya terlihat kian cantik. Aneka warna tabebuya mulai berkembang hingga dua minggu ke depan. Penataan nanti juga terus dilakukan Pemkot Surabaya. Salah satunya, menambah penanaman tabebuya ungu yang jumlahnya masih sedikit.

September membuat jalanan pusat kota berbeda. Bunga tabebuya warna putih, pink, dan kuning mendominasi. Tiga warna tabebuya itu mudah ditemukan di jalan. Salah satunya di frontage Ahmad Yani. Yang ungu masih jarang, kata Kepala Dinas Lingkungan Hidup (DLH) Surabaya Agus Hebi Djuniantoro, Kamis (1/9).

Hebi mengatakan, pihaknya sudah melakukan pendataan tabebuya di Surabaya. Jumlahnya mencapai 1617 ribu pohon. Lokasinya tersebar di beberapa kawasan. Dari angka itu, sebagian besar berwarna putih, pink, dan kuning. Tabebuya ungu akan ditambahkan lebih banyak. Sebanyak-banyaknya, ribuan kalau bisa, ucapnya.

Terkait lokasi penanaman, DLH masih mengkaji kawasan yang akan ditambahi tabebuya ungu. Upaya itu tidak hanya menambah banyaknya tabebuya. Namun, juga keserasian warna di setiap kawasan.

Tabebuya ungu itu memiliki warna yang eksotis. Rencananya, penambahan tabebuya ungu ini dilakukan tahun depan. Harapannya, September berikutnya bisa berbunga, tambahnya.

Selain itu, momen berbunga tersebut juga untuk mencari keberadaan tabebuya ungu di Surabaya. Sebab, jika tidak berbunga, sulit membedakan antar warnanya.

Hebi menambahkan, sebagian tabebuya ungu tersebut nanti diambil untuk ditanam kembali. Jadi, penambahannya tidak hanya dari pengadaan. Tapi, juga mengambil tunas yang lama untuk diperbanyak, tambahnya.

Topik Menarik