Mikhail Gorbachev, Sang Pemimpin Uni Soviet Terakhir Meninggal Dunia

Mikhail Gorbachev, Sang Pemimpin Uni Soviet Terakhir Meninggal Dunia

Nasional | beritabaru.co | Selasa, 30 Agustus 2022 - 23:29
share

Berita Baru, Moskow Kantor berita Rusia melaporkan pada Selasa (30/8) malam bahwa pemimpin terakhir Uni Soviet, Mikhail Gorbachev wafat pada usia 91 tahun.

Gorbachev meninggal malam ini setelah sakit yang serius dan lama, kata Rumah Sakit Klinik Pusat di Moskow, seperti dikutip oleh kantor berita Interfax , TASS dan RIA Novosti .

Gorbachev memimpin Uni Soviet dari 1985 hingga runtuh pada 1991.

Pembubaran blok Soviet ditandai dengan pengunduran diri Gorbachev tahun itu mengakhiri Perang Dingin dan menyebabkan kemerdekaan beberapa negara Eropa Timur serta pembentukan negara Rusia modern.

Presiden Komisi Eropa Ursula von der Leyen memuji Gorbachev pada hari Selasa, menyebutnya sebagai pemimpin tepercaya dan dihormati yang membuka jalan bagi Eropa yang bebas.

Warisan ini adalah salah satu yang tidak akan kami lupakan, tulisnya di Twitter.

Mikhail Gorbachev was a trusted and respected leader. He played a crucial role to end the Cold War and bring down the Iron Curtain. It opened the way for a free Europe.

This legacy is one we will not forget.

R.I.P Mikhail Gorbachev

Ursula von der Leyen (@vonderleyen) August 30, 2022

Kematian Gorbachev terjadi saat perang Rusia-Ukraina telah berlangsung selama setengah tahun, hingga menyebabkan meningkatnya ketegangan antara Rusia dan Barat.

Kantor berita negara milik negara Rusia, TASS mengatakan bahwa Gorbachev akan dimakamkan di Pemakaman Novodevichy Moskow di sebelah istrinya Raisa, yang meninggal pada 1999, sesuai dengan keinginan keluarganya.

Setelah menjadi sekretaris jenderal Partai Komunis Soviet pada tahun 1985, Gorbachev mendorong untuk merevitalisasi sistem dengan memperkenalkan beberapa kebebasan politik dan ekonomi.

Dia juga menahan diri dari menggunakan kekuatan untuk menundukkan protes pro-demokrasi di negara-negara blok Soviet di Eropa Timur komunis pada tahun 1989.

Tetapi Uni Soviet mulai runtuh selama dua tahun berikutnya, dan Gorbachev berjuang untuk mencegah keruntuhan itu.

Saya melihat diri saya sebagai orang yang memulai reformasi yang diperlukan untuk negara dan untuk Eropa dan dunia, kata Gorbachev kepada kantor berita The Associated Press dalam wawancara tahun 1992 tak lama setelah dia turun jabatan.

Saya sering ditanya, apakah saya akan memulai semuanya lagi jika harus mengulanginya? Ya memang. Dan dengan lebih ketekunan dan tekad, katanya.

Gorbachev memenangkan Hadiah Nobel Perdamaian 1990 untuk perannya dalam mengakhiri Perang Dingin, tetapi banyak orang di Rusia menganggapnya bertanggung jawab atas runtuhnya Uni Soviet dan krisis sosial dan ekonomi yang disaksikan negara itu pada awal 1990-an.

Komite Nobel tidak tahu bagaimana rasanya di sini Biarkan mereka menghabiskan beberapa bulan hidup seperti orang Rusia dan lihat bagaimana perasaan mereka, kata seorang guru yang tidak disebutkan namanya kepada kantor berita Reuters setelah Gorbachev menerima Hadiah Nobel. Apakah perdamaian hanya untuk orang asing?

Conor OClery, koresponden Moskow untuk surat kabar The Irish Times dari 1991 hingga 1996, mengatakan Gorbachev menjadi pahit setelah gagal mempertahankan Uni Soviet dan meninggalkan kantor.

Gorbachev telah bersahabat dengan Barat, dipandang sebagai seorang reformis di Barat, tetapi dia mencoba untuk mempertahankan Uni Soviet bersama dan dia gagal dalam hal itu, Conor OClery, koresponden Moskow untuk surat kabar The Irish Times dari tahun 1991 hingga 1996, kepada Al Jazeera pada hari Selasa.

Dia dicerca hari ini di Rusia karena dia dikaitkan dengan pecahnya Uni Soviet dan akhir dari peran utama yang dimiliki Rusia di dunia.

Topik Menarik