Ditahan karena Jadi Tersangka Pembunuhan Brigadir J, Bharada E Ingin Tetap Berkarir di Brimob

Ditahan karena Jadi Tersangka Pembunuhan Brigadir J, Bharada E Ingin Tetap Berkarir di Brimob

Nasional | radartegal | Senin, 15 Agustus 2022 - 06:20
share

Tersangka tewasnya Brigadir J, Bharada E menyampaikan keinginannya untuk bisa terus berkarir di Korps Brimob. Keinginan Bharada E ini disampaikan kuasa hukumnya yang baru, Ronny Talapessy.

Keinginan polisi muda bernama lengkap Richard Eliezer Pudihang Lumiu itu diungkapkannya dari balik jeruji."Saya Brimob, saya lulusan Brimob, rumah saya lahir dan besar di Brimob, Brimob itu rumah saya,"kata Ronny saat membacakan pesan dari Bharada E pada Minggu, 14 Agustus 2022.

"Jika saya diizinkan, saya masih ingin berkarir di Brimob," ungkapnya lagi.

Ronny mengungkapkanBharada E berharapkepadanya dibela semaksimal mungkin dalam kasus kematian Brigadir J, yang menyeretnya jadi tersangka. Hal ini, kata Ronny, berangkat dari kecintaannya kepada Korps Brimob.

Bharada E yang masih muda, beber Ronny, masih memiliki banyak harapan untuk masa depannya. Bahkan, harapan keluarga serta karir kepolisiannya.

"Dia masih muda, harapan orang tua. pengen melanjutkan hidup, pengen berkeluarga, kalau bisa pengen berkarir di kepolisian," ujar Ronny.

"Makanya saya ingin dibela semaksimal mungkin, ngomongnya gitu ke saya," sambungnya seperti yang dikutip radartegal.com dari rmol.id.

Dalam kasus ini, Bharada E diperintahkan oleh Irjen Ferdy Sambo untuk menembak Brigadir Yosua Hutabarat alias Brigadir J di kediaman dinas Ferdy Sambo di Komplek Polri, Duren Tiga, Jakarta Selatan.

Belakangan, Bharada E mengajukan sebagai justice collaborator (JC). Berkat keterangan dirinyalah akhirnya teka-teki pembunuhan Brigadir Yosua terungkap sesuai dengan fakta usai tertutup rekayasa Ferdy Sambo.

Sebelumnya diberitakanMantan Kadiv Propam, Irjen Ferdy Sambo semakin terpojok dengan terbongkarnya rekayasa kasus pembunuhan Brigadir J. Sejumlah fakta-fakta baru pun mulai terungkap.

Sebaliknya Bharada E kini malah sudah bisa bercanda dan tertawa. Dia sudah tampak tak lagi tertekan dan lebih terbuka.

Wakil Ketua Lembaga Perlindungan Saksi dan Korban (LPSK), Edwin Partogi Pasaribu mengungkapkan kondisi terkini Bharada E, usai bertemu ajudan Ferdy Sambo itu di Bareskrim Polri pada Jumat, 12 Agustus 2022.

Tidak nampak tertekan. Kami ajak becanda, bisa tertawa dia (Bharada E), ungkap Edwin pada Minggu, 14 Agustus 2022.

Edwin menyebutkan Bharada E terlihat sudah dalam kondisi yang lega. Itu karena Bharada E sudah berkata jujur terkait kematian Brigadir J.

Dia merasa plong karena sudah berkata jujur, tuturnya. (rmol/zul)

Topik Menarik