Hasto Ajak Kader BMI untuk Jadi Bung Karno Baru

Hasto Ajak Kader BMI untuk Jadi Bung Karno Baru

Nasional | jawapos | Jum'at, 12 Agustus 2022 - 22:23
share

JawaPos.com Sekjen PDI Perjuangan Hasto Kristiyanto berharap, kisah perjuangan Bung Karno diharapkan bisa menjadi inspirasi generasi muda termasuk kader-kader Banteng Muda Indonesia (BMI).

Bung Karno sejak muda telah hadir sebagai pemimpin pejuang, pemimpin visioner. Dan penuh dengan tradisi intelektual membaca buku, dan berdialektika, ujar Hasto saat pelantikan pengurus DPD Banteng Muda Indonesia (BMI) Provinsi DKI Jakarta di Kantor DPDPDIPDKI Jakarta, Jumat (12/8).

Hasto menuturkan, Bung Karno sudah berjuang sejak usia sangat nuda. Bahkan pada usia 26 tahun sudah mendirikan Partai Nasionalis Indonesia (PNI) dan menyampaikan gagasan-gagasan yang sangat visioner yang melihat bagaimana peradaban dunia saat itu diwarnai pertarungan ideologi.

Dia juga mengajak menjadikan Bung Karno sebagai the way of visionary leader, maka bisa dengan membaca seluruh buku Bung Karno dari usia muda.

Bahkan dalam ruang yang sangat sempit ketika dipenjara di Banceuy melakukan dialog secara kritis dalam alam pikir, dan mampu menuliskan pledoi yang dikenal dengan judul Indonesia Menggugat, lanjut Hasto.

Menurutnya, tradisi intelektual memberi arah untuk menuju ke masa depan. Karena itu, ia meminta BMI harus punya imajinasi Indonesia 2045.

Tanpa membaca buku dan diskusi kritis, anda tak punya imajinasi kolektif tentang bangsa, tentang apa yang akan dicapai bangsa ini bagi masa depan. Soekarno mengingatkan untuk tidak takut bermimpi. Jadi anak muda harus berani bermimpi, ucap Hasto menyemangati.

Lebih lanjut, Hasto juga mengajak kader muda untuk berjuang dengan imajinasi, dengan tindakan strategis hingga mengajak anak muda melakukan perubahan.

BMI harus berimajinasi memahami seluruh nilai-nilai perjuangan Bung Karno. Masih terbuka ruang yang begitu besar untuk menjadi Bung Karno yang baru, sebut Hasto.

Di tempat yang sama, Ketua Umum Banteng Muda Indonesia (BMI) Mochamad Herviano Widyatama mengatakan, Jakarta merupakan pusat metropolitan, pusat keanekaragaman dan kebhinnekaan.

Mari sebar kebaikan dimulai dari hal kecil. Ibu Ketua Umum PDI Perjuangan selalu mengingatkan politik tidak hanya hanya kontestasi dan kekuasaan tapi bermanfaat untuk sekeling misalnya dengan merawat lingkungan masing-masing, kata anak muda yang biasa disapa Vino itu.

Oleh karena itu, Vino mengajak pengurus baru bisa memberi warna di DKI Jakarta dengan berbuat kebaikan khususnya membantu kaum muda di DKI agar bisa bangkit dari dampak pandemi Covid.

Sementara itu, Ketua DPDPDIPDKI Jakarta Ady Wijaya menyebut BMI DKI Jakarta siap mengemban amanah.

Ini tanggung jawab untuk tancap dan tetap lurus untuk menghadapi tahun politik dan memenangkan PDI Perjuangan pada Pemilu 2024, kata Anta dalam pidato perdananya usai dilantik.

Topik Menarik