Loading...
Loading…
Auto Tercengang! 7 Teori Konspirasi di `Pengabdi Setan 2: Communion`, Nomor 5 Paling Bikin Penasaran

Auto Tercengang! 7 Teori Konspirasi di `Pengabdi Setan 2: Communion`, Nomor 5 Paling Bikin Penasaran

Nasional | reqnews.com | Rabu, 10 Agustus 2022 - 07:01

JAKARTA, REQnews - Baru beberapa hari resmi tayang di bioskop Tanah Air, film horor \'Pengabdi Setan 2 : Communion\' telah sukses menyita perhatian publik.

Bahkan kini kabarnya film garapan sutradara Joko Anwar tersebut telah berhasil menembus 3,5 juta penonton. Alur cerita menarik dan tak mudah ditebak serta level keseraman dan ketegangan yang maksimal menjadi daya tarik dari film satu ini.

Tak hanya ditonton, Pengabdi Setan 2: Communion juga ramai diperbincangkan netizen di jagat maya. Salah satu yang heboh dibahas netizen adalah tentang berbagai teka-teki tak terpecahkan di film ini.

Begitu ramainya film ini dibahas di media sosial, bahkan sampai muncul spekulasi tentang teori konspirasi Joko Anwar yang "terbaca" lewat berbagai kode unik penuh misteri di film Pengabdi Setan 2: Communion.

Yup, menurut teori konspirasi tersebut diduga Joko Anwar sengaja memunculkan kode-kode misteri dalam film ini yang menghubungkannya dengan multiverse film garapan ia yang lain.

Berikut 7 teori misteri film Pengabdi Setan 2: Communion yang dirangkum dari kanal Youtube Cinecrib:

1. Herosase

Herosase merupakan teori yang ada di pintu terlarang, teori ini sudah nongol sejak tahun 2009, saat film Pintu Terlarang dirilis.

Saat itu Joko membuat sendiri di akun kaskus miliknya jokster, soal arti angka angka anagram dari herosase di pintu terlarang yaitu 42651378.

Maka jika dipecahkan herosase, dapat berarti seahorse atau kuda laut.

Pada Film Pengabdi Setan 2 kuda laut nongol di berkas misterius yang diterima Pak Budiman.

Hal ini membuat pemikiran bahwa Herosase merupakan organisasi penyembah setan yang sangat besar dan luas, yang ada di Pengabdi Setan 2: Communion.

2. Ramalan Film Kala

Jika kalian menonton saat Pak Budiman membuka kertas yang diterima di film Pengabdi Setan 2: Communion, di atas meja ada majalah dengan cover Ramalan Kiamat Tanah Jawa.

Jika soal ramalan Joko pernah membuat film dengan judul Kala, namun bedanya di Film Kala Joko Anwar menyinggung masalah ramalan Jayabaya soal datangnya juru selamat.

Keduanya seperti berkaitan dengan ramalan juru selamat dengan ramalan datangnya kiamat akhir dunia.

3. Wanita Hamil

Ibu hamil yang bernasib buruk selalu ada di film Joko Anwar, mungkin hanya di Janji Joni, ibu hamil bernasib baik dan anaknya selamat.

Di film Pengabdi Setan 2: Communion, ibu hamil merupakan korban yang meninggal di kecelakaan lift dan kemudian menjadi pocong hamil yang kemudian jadi pocong beranak.

Bukan beranak yang dikeluarkan lewat jalan rahim melainkan dari mulut, dan ini sejalan dengan film-film joko sebelumnya.

Jumlah orang yang mati di film Pengabdi Setan 2 ada 15 orang dan rusun yang ditinggali ada 14 lantai plus 1 lantai rahasia, yang sebenarnya terdapat 15 lantai.

Jika dilihat ini menggambarkan jika rusun melambangkan simbol kematian.

4. Identitas Raminom

Raminom belum diketahui teorinya dari mana tapi menurut Cinecrib, Raminom bukanlah setan sesungguhnya.

Cinecrib memiliki dua teori tentang Raminom kenapa disembah pertama sebagai false god (Tuhan palsu), yang menyebabkan dia disembah, namun dianggap sebagai the real god oleh pengabdinya, atau ia hanya sebagai prophet yang membawa wahyu Tuhan atau semacam Nabi yang diagungkan oleh para pengabdinya.

5. Siapa Batara dan Darminah?

Pasti ini menjadi sosok yang banyak ditanyakan sejak Pengabdi Setan pertama, siapa Batara dan Darminah?

Batara diperankan Fachri Albar, Darminah diperankan Asmara Abigail. Cinecrib mengungkap ada dua teori untuk mengungkap ini.

Teori pertama, jika film Pengabdi Setan 2: Communion di ending Darminah sempat berbicara, "kita itu di pihak siapa?" kata Darminah, Batara pun menjawab, "kita ya di pihak kita".

Bahkan di pertengahan durasi Batara, bertemu dengan Budiman, untuk ngobrol dan Budiman tidak diperlakukan buruk.

Di ending sempat terlihat foto mereka di antara Konferensi Asia Afrika (KAA) dan di situ tampak wajah mereka sama persis tidak bertambah tua walaupun jarak antara KAA dan setting Pengabdi Setan 2 berjarak 29 tahun.

Teori ini menunjukkan keduanya adalah setan yang sesungguhnya. Kenapa Batara dan Darminah tidak banyak campur tangan, tidak ikut dalam antiklimaks dan tidak menghalangi Budiman?

Karena keduanya \'the real dead\', mereka sosok yang tidak ingin muncul dan menikmati jadi penonton, penonton dari semua kekacauan dan kematian yang ada.

Mereka hanya senang dan menikmati dipuja, tapi sama sekali tak ingin mengulurkan bantuan atau apappun dari para pengabdinya.

Teori kedua, Batara perwujudan kebaikan Dewa atau Tuhan, sedangkan Darminah perwujudan kejahatan atau setan.

Batara dalam KBBI berarti dewa, tapi kenapa Joko menyatukan antara Dewa dan Setan? Mungkin dalam hal ini berarti keseimbangan Yin dan Yang.

Dimana dalam kehidupan ada Yin dan Yang, seperti halnya adegan Batara yang membantu Budiman di halte sebagai bentuk kebaikan Batara yang tulus ingin Budiman benar-benar berjalan sampai rusun.

Hal ini menunjukkan, dalam pertarungan ada sisi hitam dan sisi putih agar pertarungan dalam Pengabdi Setan 2: Communion berjalan seimbang.

6. Konferensi Asia Afrika

Sejauh apa organisasi Herosase bertahan? Jawabnya dari Konferensi Asia Afrika saat foto Minah dan Batara dimunculkan di KAA.

KAA dimulai 18 April 1955, tapi kedatangan pemimpin dimulai tanggal 16 April 1955, kemungkinan mereka telah membahas tentang ritual ini untuk menjadi kekuasaan mereka. Sementara rusun dibangun pada tanggal 17 April 1955 dan menjadi tempat ritual pengabdi setan.

Dan Boscha Bandung, juga termasuk tempat ritual pada masa itu. Banyak pembantaian yang berujung kematian dikarenakan ritual tersebut.

7. Turunnya Antichrist

Jika dilihat keseluruhan dari Pengabdi Setan 1, cerita Pengabdi Setan 2 menunjukkan bangkitnya antichrist. Siapa lagi kalau bukan Ian, yang merupakan antiklimaks mengendalikan semuanya.

Diketahui, Ian lahir dari rahim Ibu Mawarni Suwono di Pengabdi Setan, namun dari benih yang berbeda.

Dari keseluruhan film Pengabdi Setan 2: Communion dapat dikatakan bahwa film ini mengusung kisah tentang antichrist dimana Batara adalah Bapanya, Darminah adalah roh kudusnya dan Ian adalah antichrist.

Jadi jika disimpulkan, film Pengabdi Setan 2: Communion sebenarnya merupakan film tentang kebangkitan antichrist untuk membawa dunia menuju akhir dunia, dalam hal ini sama dengan ramalan kiamat yang muncul di awal film.

Original Source

Topik Menarik

{