Hari Kucing International: Ini 10 Empus yang Mendunia, No 4 Bikin Ngakak

Hari Kucing International: Ini 10 Empus yang Mendunia, No 4 Bikin Ngakak

Nasional | reqnews.com | Selasa, 9 Agustus 2022 - 16:18
share

Istanbul, REQNews.com -- Kucing adalah bagian intrinsik budaya Turkiye sejak Kekaisaran Ottoman. Merawat kucing dianggap sama penting dengna menghormati salah satu ayat dalam Al-Quran.

Sejak itu populasi kucing di Turkiye berkembang, dan banyak mendapat ketenaran nasional dan internasiolan karena berbagai alasan.

Untuk menghormati Hari Kucing Internasional setiap 8 Agustus, Daily Sabah menurunkan 10 kucing Turkiye yang menyita perhatian nasional dan dunia


1. Gli Si Penghuni Hagia Sophia

Gli adalah kucing penghuni situs bersejarah paling mewah, yaitu Masjid Agung Hagia Sophia. Ia disapa setiap turis, dan dirawat mereka yang shalat berjamaah di masjid itu.

Tahun 2020, Gli meninggal pada usia 16 tahun setelah sempat dielus Presiden AS Barrack Obama. Saat itu, bersama Presiden Turkiye Recep Tayyip Erdogan, Obama berkunjung ke Masjid Agung Hagia Sophia. Gli seolah tahu kedatangan tamu istimewa.


2. Midas Si Empat Telinga

Dinamakan sesuai nama raja mitologi Frigia. Midas lahir dengan duas set telinga dan rahang yang rusak karena mutasi genetik, tetapi justru itu yang menjadikannya sensasi Internet.

Ia punya akun media sosial dnegan 336 ribu pengikut. Midas kini tinggal di Ankara, ibu kota Turkiye.


3. Mia Si Cantik

Lengkapnya, Mia The Van. Atau, Mia Si Kucing Van. Kucing Van adalah ras kucing yang terdaftar dan Mia dinobatkan sebagai pemenang Kontes Kecantikan Kucing Van tahun ini di Propinsi Eponymous.

Kucing Van dikenal dengan warna matanya yang berbeda dan bulu seputih salju. Mia memukau para juri di kompetisi itu sebagai contoh sempurna dari ras-nya.

Mia menjadi berita utama lagi ketika melahirkan anak tahun 2022.


4. Nokta Si Pandai Berakting

Nokta menjadi terkenal dengan kemampuannya menipu orang-orang yang mudah tertipu. Setiap hari dia duduk di dekat lorong toko makanan hewan. Jika ada pembeli dia berpura-pura kesakitan akibat lapar, dengan harapan orang yang lewat memberinya makan.

Itu dilakukan Nokta setiap hari, yang membuatnya layak mendapat Piala Oscar sebagai kucing dengan akting menipu paling sempurna. Menariknya, Nokta selalu berhasil.


5. Bicir Si Preman

Jika ada kucing yang menggantikan peran anjing sebagai penjaga, mungkin cuma Bicir. Sebuah jaringan supermarket di Distrik Bayrampasa, Istambul, mengangkat Bicir sebagai satpam resmi tahun 2019.

Apa istimewanya Si Bicir? Ia adalah kucing liar, nakal, dengan kemampuan melawan serangan anjing dan manusia. Bicir mendadak ngetop ketika video yang memperlihatkannya membuli pejalan kaki viral di media sosial.

Belakangan diketahui Bicir hamil dan kemungkinan hormonal.


6. Sarkiz yang Bikin Trenyuh

Ali Mese, lelaki usia 83 tahun yang menangis secara tidak sengaja menyebabkan ledakan saat mencoba menyalakan kompor, mencengkeram Sarkiz -- kucing kesayangannya.

Peristiwa itu terjadi tahun 2018. Anadolu Agency mengabadikan peristiwa itu. CNN membagikan gambar itu. Video yang diposting bitang talk show terkenal Ellen Degeneres ditonton 10 juta kali.

Gambar tragis Ali Mese dan Sarkiz, dengan latar belakang rumahnya yang hancur, menyentuh sanubari sekujur Turkiye dan kampanye penggalangan dana dimulai. Keduanya kini kembali ke kehidupan normal.


7. Yesim Si Peminta

Yesim menjadi terkenal di seluruh dunia ketika video saat dia mendekati tukang daging, seolah akan belanja, viral di media sosial. Yesim tidak sedang membeli daging, tapi meminta potong kecil untuk dimakan.

Yesim mati tiga tahun lalu, tapi Ikram Korkmazer si tukang daging tak bisa melupakannya. Untuk mengenang Yesim Korkmazer memberi makan kucing lokal yang lewat tokonya di Manisa, Turkiye.


8. Kucing Masjid

Bukan seekor, atau beberapa, kucing yang mencuri perhatian, tapi seorang imam di barat laut Turkiye membuat banyak orang berdecak kagum.

Huseyin Kocak, imam yang ditugaskan di Masjid Desa Atmetce, Propinsi Kirlareli enam tahun lalu, membawa tiga anak kucing tanpa induk yang kedinginan dan kelaparan ke masjidnya.

Kini, kucing-kucing itu adalah penghuni tetap masjid yang dipimpin Huseyin Kocak, dan penduduk setempat merawat dan bergantian memberi makan.


9. Lolipop Si Pelaut

Entah siapa yang memberi nama Lolipop untuk kucing pelaut ini. Yang pasti, Lolipot bergabung dengan awak kapal Istanbul sejak lahir. Ia tinggal di kapal dan ikut dalam setiap pelayaran.

Ia menjelajah propinsi-propinsi di Laut Hitam, dan sempat singgah di Tekirdag. "Dia teman kami. Berkat dia kami tidak bosan tinggal di kapal," kata Mahsun Arslan, chief officer kapal tempat Lolipop bermukim. "Kami menghabiskan hari-bari selama pelayaran bermain dengannya."


10. Tombili yang Selalu Dikenang

Tombili artinya Si Gemuk. Ia menjadi terkenal berkat foronya sedang berbaring santai di trotoar di lingkungan Kadikoy, Istanbul.

Tahun 2016 Tombili meninggal. Sebuah patung didirikan untuk Tomboli. Menariknya, patung dibuat berdasarkan pose terakhir Tombili yang terkenal.

Patung itu sempat dicuri. Entah bagaimana alarm internasional berbunyi, dan pesan keprihatinan datang dari Kedubes Rusia.

Topik Menarik