Lacak Nomor Tidak Dikenal dengan 6 Aplikasi Ini

Lacak Nomor Tidak Dikenal dengan 6 Aplikasi Ini

Nasional | telisik.id | Selasa, 9 Agustus 2022 - 09:45
share

KENDARI, TELISIK.ID - Saat dihubungi oleh nomor yang tidak terdaftar di HP kita alias nomor tak dikenal, kerap kali kita akan merasa penasaran terkait pemilik nomor telepon tersebut.

Namun untuk mengatasi rasa penasaran itu, kini pengguna android maupun iphone sudah dapat melacak nomor telepon yang tidak dikenal menggunakan beberapa aplikasi.

Beberapa aplikasi tersebut pun dapat di-download melalui platform android maupun iphone/iOS. Tak hanya itu, aplikasi-aplikasi tersebut juga mampu mendeteksi nomor lain yang terindikasi sebagai penipuan atau spam.

Mengutip dari berbagai sumber, berikut 6 aplikasi pelacak nomor yang tidak dikenal:

1. Getcontact

Getcontact memiliki fitur yang hampir sama dengan Truecaller, yaitu dapat menyaring nomor yang tidak dikenal. Selain itu, pengguna dapat langsung memblokir nomor spam yang teridentifikasi oleh aplikasi.

Getcontact dapat digunakan gratis maupun berbayar (Premium). Pelanggan Getcontact Premium di Indonesia dapat membayar Rp 29.000 per bulan. Pengguna dapat mengunduh Getcontact di Play Store maupun App Store.

2. Eyecon

Secara umum, fitur yang ditampilkan aplikasi Eyecon lebih kurang sama dengan Truecaller ataupun Getcontact. Eyecon memiliki keunggulan, yaitu tidak adanya iklan meskipun aplikasi digunakan secara gratis.

Tak hanya itu, pengguna Eyecon dapat menambahkan foto untuk masing-masing nomor kontak yang tersimpan di ponselnya dan dapat mengontrol bagaimana kontak dirinya muncul di kontak orang lain. Eyecon dapat diunduh di Play Store maupun App Store.

3. Truecaller

Truecaller adalah aplikasi yang dapat menampilkan nama pengguna yang menelepon meski nomor tersebut belum tersimpan. Tak hanya dapat mengidentifikasi nomor-nomor anonim, aplikasi ini juga memiliki direktori besar penelepon spam.

Pengguna juga bisa menambahkan daftar nomor tertentu sebagai spam. Aplikasi yang dirilis pada 2009 ini tersedia untuk perangkat iOS dan Android.

4. Hiya

Sebelum berubah nama, aplikasi ini bernama Whitepages Caller ID. Dan di versi terbaru ini, barulah bernama Hiya yang hadir dengan serangkaian fitur blok untuk panggilan telepon dan SMS spam.

Terdapat fitur tambahan pada aplikasi ini seperti informasi saat mendapatkan panggilan dari private number dan notifikasi saat ponsel kalian mendapatkan pesan berupa spam, virus, malware, adware, dan spyware.

5. Whoscall

Aplikasi pelacak nomor yang tak dikenal selanjutnya, yakniWhoscall yang dikembangkan oleh Gogolook. Sama seperti aplikasi sebelumnya, Whoscall mampu mengidentifikasi pemilik nomor asing yang menghubungi Mama.

Aplikasi secara otomatis menampilkan nama pemilik nomor asing itu yang diperolah dari catatan pengguna lain. Apabila nomor asing itu termasuk spam, maka Mama bisa langsung memblikir atau menolak panggilan tersebut.

Sejak 2013, aplikasi ini sudah diakuisisi oleh Naver sehingga berada satu naungan dengan aplikasi chat Line.

6. Shwocaller

Aplikasi Showcallermampu mengidentifikasi nomor telepon asing yang menghubungi Mama. Selain menampilkan identitas pemilik nomor asing, aplikasi ini juga memperlihatkan lokasi detail si penelepon beserta komentar mengenai nomor tersebut.

Komentar tersebut diberikan oleh pengguna lain yang sebelumnya dihubungi oleh nomor asing itu. Apabila nomor asing tersebut tergolong penipuan atau spam, maka Mama bisa langsung memblokirnya agar tidak ada panggilan selanjutnya.(C)

Penulis: Nurdian Pratiwi

Editor: Haerani Hambali

Topik Menarik