Detik-Detik Banjir Besar di Seoul, Pohon Tumbang, Warga Dievakuasi

Detik-Detik Banjir Besar di Seoul, Pohon Tumbang, Warga Dievakuasi

Nasional | jawapos | Senin, 8 Agustus 2022 - 22:49
share

JawaPos.com Hujan deras melanda ibu kota Korea Selatan, Seoul, setelah hujan lebat seharian ini, Senin (8/8). Akibatnya, jalan, kereta api, mobil, dan rumah di seluruh wilayah metropolitan Seoul dan Gangwon terendam banjir besar.

Kejadian berawal saat otoritas cuaca sudah memberikan peringatan hujan lebat dan peringatan hujan lebat untuk sebagian besar wilayah Seoul dan provinsi timur laut Gangwon. Administrasi Meteorologi Korea (KMA) menyarankan orang untuk menjauh dari sungai dan waduk dan waspada terhadap tanah longsor seperti dilansir dari Korea Joongangdaily, Senin (8/8).

Wilayah Seoul yang lebih besar ikut terdampak termasuk Seoul, kota tetangga Incheon dan provinsi Gyeonggi di sekitarnya. Peringatan hujan deras dikeluarkan oleh KMA ketika curah hujan diprediksi melebihi 60 milimeter dalam 3 jam atau 110 milimeter dalam 12 jam. Peringatan hujan deras lainnya juga dikeluarkan saat curah hujan diprediksi melebihi 90 milimeter dalam tiga jam atau 180 milimeter dalam 12 jam.

Mulai pukul 2 siang, pada hari Senin, sekitar 65,5 milimeter hujan turun di Seoul. Lalu Yeoncheon dan Pocheon, keduanya di Gyeonggi, masing-masing menerima 171 milimeter dan 139,5 milimeter hujan. KMA memperingatkan, dan beberapa daerah dapat melihat lebih dari 500 milimeter.

Otoritas cuaca memperingatkan Korea Utara kemungkinan akan mengalami banyak hujan minggu ini juga, dan mungkin menyebabkan banjir di beberapa daerah jika Sungai Imjin, Sungai Hantan, dan Sungai Bukhan meluap. Pulau resor selatan Jeju akan mengalami suhu hingga 36 derajat Celcius, kata KMA.

Korban Dievakuasi, Pohon Tumbang

Pada Senin pagi, dua orang dievakuasi setelah rumah mereka di Kabupaten Cheolwon, Gangwon, karena terendam banjir. Sebanyak 4 orang berhasil diselamatkan setelah mereka terjebak oleh naiknya air di sebuah lembah di wilayah yang sama. Di dekatnya, petugas pemadam kebakaran dikirim ke sebuah pompa bensin untuk mengeluarkan hampir 30 ton air dari ruang bawah tanah.

Di Gyeonggi, puluhan pohon tumbang dan sekitar 20 kasus banjir dilaporkan.
Petugas pemadam kebakaran di Incheon mengatakan mereka menangani setidaknya 44 kasus banjir di kota tersebut.

Kereta bawah tanah yang melewati Stasiun Juan di Incheon terpaksa melambat pada Senin sore setelah rel terendam air. Operasi dilanjutkan 20 menit kemudian dan tidak ada kerusakan properti yang dilaporkan. Jalan-jalan di Kabupaten Yeoncheon dan Paju juga diblokir selama beberapa waktu setelah terendam, sehingga tidak memungkinkan mobil melintas.

Topik Menarik