Apple Pimpin Pasar Tablet Dunia pada Q2, Chromebook Kurang Peminat

Apple Pimpin Pasar Tablet Dunia pada Q2, Chromebook Kurang Peminat

Nasional | jawapos | Senin, 8 Agustus 2022 - 17:08
share

JawaPos.com Berdasar laporan Internal Data Corporation (IDC), pengiriman tablet di seluruh dunia mengalami peningkatan sebesar 0,15 persen Year on Year (YoY). Di kuartal dua (Q2) tahun ini, Apple dilaporkan kembali memimpin pasar tablet dunia, sementara pengiriman Chromebook mengalami penurunan sebesar 51,4 persen YoY.

Untuk kategori tablet, Apple terus memimpin industri dengan pangsa pasar 31 persen, meski pengiriman turun 2,89 persen menjadi 12,6 juta unit YoY. Samsung berada di urutan kedua dengan pangsa pasar 18,1 persen dengan pengiriman 7,3 juta unit.

Kindle Amazon mengantongi tempat ketiga dengan 5,5 juta pengiriman dan pertumbuhan 26,92 persen YoY. Lenovo turun ke posisi keempat dengan penurunan pengiriman 25,67 persen YoY menjadi 3,5 juta unit dan Huawei melengkapi daftar lima besar dengan 2,1 juta unit YoY.

IDC melaporkan bahwa pendatang baru di segmen tablet seperti Xiaomi, Realme, Oppo, dan Vivo tampaknya telah mengungguli ekspektasi yang berkontribusi terhadap pertumbuhan pasar tablet Android di kuartal ketiga. Peningkatan pasar tablet secara keseluruhan dikatakan disebabkan oleh penyebaran tablet dalam proyek pendidikan serta penjualan khusus seperti 618 di Tiongkok dan Prime Day di Amerika Serikat (AS).

Sementara Chromebook disebut mencatatkan pengiriman triwulanan yang mengecewakan. Semua produsen membukukan pertumbuhan YoY yang negatif. Namun, Dell masih memimpin pasar dengan 1,5 juta pengiriman sedangkan Acer berada di urutan kedua dengan 1,3 juta pengiriman.

Lenovo mengambil tempat keempat dengan 1,2 juta pengiriman dan pangsa pasar 19,4 persen. Hewlett Packard dan Samsung mengantongi tempat keempat dan kelima dengan masing-masing 0,9 dan 0,4 juta unit terjual.

Topik Menarik