Profil Lengkap Irjen Ferdy Sambo yang Ditangkap, Lulusan Akpol dari Sulawesi Selatan

Profil Lengkap Irjen Ferdy Sambo yang Ditangkap, Lulusan Akpol dari Sulawesi Selatan

Nasional | telisik.id | Sabtu, 6 Agustus 2022 - 23:17
share

JAKARTA, TELISIK.ID - Mantan Kepala Divisi Profesi dan Pengamanan (Kadiv Propam), Irjen Ferdy Sambo dikabarkan telah dinyatakan sebagai tersangka.

Tersangkanya Ferdy Sambo akibat kasus Brigadir Nofriansyah Yosua Hutabarat alias Brigadir J meninggal setelah baku tembak dengan sesama ajudan, Bharada E atau Richard Eliezer.

Terbaru Ferdi Sambo dinyatakan telah ditangkap dan dibawa ke Markas Komando Brimob Kelapa Dua, Depok, Jawa Barat.

"Iya, ditahan di Brimob," kata sumber kepolisian dilansir Suara.com jaringan Telisik.id

Berikut profil Irjen Ferdy Sambo dirangkum dari berbagai sumber.

Irjen Ferdy Sambo lahir di Barru, Sulawesi Selatan pada 9 Februari 1973 sehingga saat ini ia berumur 49 tahun. Ferdy Sambo merupakan lulusan Akademi Kepolisian tahun 1994 dan berpengalaman di bidang reserse. Ia menikah dengan Putri Candrawati yang memiliki gelar dokter gigi (drg).

Ferdy Sambo juga telah menyelesaikan pendidikan di Perguruan Tinggi Ilmu Kepolisian (PTIK) pada 2003. Termasuk di Sekolah Staf dan Pimpinan Menengah (Sespimmen) pada 2008 dan Sekolah Staf dan Pimpinan Tinggi (Sespimti) pada 2018.

Ferdy Sambo mengawali karier sebagai Perwira Pertama (Pama) di Lemdiklat Polri pada 1994. Selanjutnya pada 2010, dia menjabat sebagai Kepala Satuan Reserse Kriminal (Kasat Reskrim) Polres Jakarta Barat.

Dikutip dari Kompas.com, kariernya terus menanjak hingga tahun 2012 diamanatkan menjadi Kapolres Purbalingga. Setahun setelahnya, dia menjabat sebagai Kapolres Brebes.

Tahun 2015, Ferdy Sambo menjabat sebagai Wakil Direktur Reserse Kriminal Umum (Wadireskrimum) Polda Metro Jaya.

Jenderal bintang dua ini juga sempat dipercaya menjadi Kepala Subdirektorat (Kasubdit) IV. Lalu, ia ditunjuk Kasubdit III Direktorat Tindak Pidana Umum (Dittipidum) Bareskrim Polri pada 2016.

Pada 2019, Ferdy Sambo menjadi Dirtipidum Bareskrim Polri hingga akhirnya dipromosikan menjadi Kadiv Propam Polri tahun 2020.

Namun per 18 Juli 2022, Ferdy Sambo dinonaktifkan dari jabatan sebagai Kadiv Propam Polri setelah insiden polisi tembak polisi di rumah dinasnya. Ia juga sudah tidak lagi menjabat sebagai Kepala Satgas Khusus (Kasatgasus) Polri. (C)

Penulis: Ibnu Sina Ali Hakim

Editor: Kardin

Topik Menarik