Ambisi Bos Facebook, Instagram Bakal Dibuat Makin Mirip TikTok

Ambisi Bos Facebook, Instagram Bakal Dibuat Makin Mirip TikTok

Nasional | jawapos | Sabtu, 6 Agustus 2022 - 16:15
share

JawaPos.com Instagram bisa dibilang terasa makin mirip TikTok. Hal ini dikeluhkan oleh beberapa publik figur misalnya Kylie Jenner dan beberapa tokoh dunia lainnya. Bahkan, ribuan pengguna lainnya sempat memprotes hal ini.

Hal itu tampaknya tidak mampu membuat petinggi Instagram dan Meta mengubah rencananya. CEO Meta, induk perusahaan yang menaungi Facebook dan Instagram, Mark Zuckerberg mengatakan Instagram dan Facebook akan menampilkan lebih banyak konten dari akun yang tidak diikuti oleh pengguna.

Secara sederhana, Instagram dan Facebook nantinya akan jadi makin mirip TikTok. Hal ini rencananya akan diimplementasikan pada akhir 2023 mendatang.

Saat membicarakan pendapatan kuartal kedua Meta, Zuckerberg menjelaskan bahwa perusahaannya akan mendorong penggunaan Discovery Engine di Instagram dan Facebook. Mesin ini akan menjadi senjata Meta melawan TikTok yang mengandalkan kecerdasan buatan atau Artificial Intelligence (AI) untuk merekomendasikan konten kepada pengguna.

Feed sosial akan berubah, dari yang diatur oleh orang-orang dan akun yang kalian ikuti menjadi semakin didorong oleh AI merekomendasikan konten yang menurut kalian menarik dari seluruh Facebook dan Instagram, bahkan jika kalian tidak mengikuti kreator itu, kata Zuckerberg via TechCrunch.

Dia melanjutkan, Meta akan menggunakan AI untuk merekomendasikan semua konten yang dibagikan secara publik di platform-nya, termasuk foto dan link. Menurutnya ini akan membuat Instagram dan Facebook jadi lebih unik ketimbang TikTok yang hanya merekomendasikan video singkat.

Zuckerberg mengungkap saat ini sekitar 15 persen konten di feed Facebook disajikan oleh AI Meta, dan angka itu sedikit lebih tinggi di Instagram. Ia ingin angka itu naik dua kali lipat tahun depan, jadi 30 persen feed Instagram dan Facebook pengguna akan diisi oleh konten dari akun yang tidak mereka ikuti.

Sebagai informasi, pernyataan Zuckerberg soal masa depan Instagram dan Facebook yang akan makin mirip TikTok sejalan dengan apa yang diucapkan oleh petinggi Instagram sebelumnya. Head of Instagram Adam Mosseri mengatakan Instagram akan lebih fokus ke video seiring waktu tapi tetap akan mendukung foto.

Topik Menarik