Loading...
Loading…
BMKG Peringatkan Potensi Cuaca Ekstrem di Akhir Pekan

BMKG Peringatkan Potensi Cuaca Ekstrem di Akhir Pekan

Nasional | inewsid | Jumat, 17 Juli 2020 - 18:03

JAKARTA, iNews.id - Badan Meteorologi, Klimatologi, dan Geofisika (BMKG) memperingatkan potensi cuaca ekstrim di sejumlah wilayah Indonesia pada akhir pekan ini. Salah satu yang tampak yakni banjir banda di Kabupaten Luwu Utara, Sulawesi Selatan (Sulsel).

Kepala BMKG, Dwikorita Karnawati menerangkan, potensi cuaca buruk tidak hanya diprakirakan terjadi di wilayah Sulsel. Provinsi lain juga diprakirakan akan diguyur hujan dengan intensitas lebat disertai petir dan dapat disertai angin kencang.

"Daerah pertemuan / perlambatan kecepatan angin (konvergensi) terpantau memanjang dari Sumsel, Bengkulu, Sumbar, Sumut bagian Barat hingga Aceh, serta memanjang dari Papua bagian Tengah, hingga pesisir Barat Papua Barat. Kondisi ini dapat meningkatkan potensi pembentukan awan hujan di sepanjang daerah tersebut," kata Dwikorita dalam keterangan tertulisnya, Jumat (17/7/2020).

Masyarakat yang berada di Aceh, Sumut, Sumbar, Bengkulu, Riau, Lampung, Jabar, Jabodetabek, Kaltara, Jambi, Sumsel, Banten, Kalbar, Kalteng, Kaltim, Kalsel, Kaltara, Sulteng, Sulbar, Sulsel, Sultra, Maluku, Papua Barat dan Papua, harus mewaspadai potensi cuaca ekstrim pada tanggal 17 Juli.

Lalu pada 18 Juli juga diprediksi cuaca ekstrem berada di Aceh, Sumbar, Sumsel, Kep. Babel, Lampung, Kalbar, Kalteng, Kaltim, Kalsel, Gorontalo, Sulteng, Sulbar, Sulsel, Sultra, Maluku, Sumut, Jambi, Bengkulu, Jabar, Kaltara, Papua, dan Papua Barat.


Sementara itu Kepala Pusat Meteorologi Publik, Fachry Rajab, menjelaskan Luwu Utara diperkirakan akan tetap berpotensi cuaca ekstrim hingga seminggu ke depan.

"Untuk wilayah Kabupaten Luwu, atau Sulawesi Selatan umumnya, dalam tujuh hari kedepan (17 - 24 Juli 2020), diprakirakan masih akan terjadi hujan dengan intensitas sedang - lebat," kata Fachry.

Original Source

Topik Menarik

{