Loading...
Loading…
Pakar Hukum Tata Negara: Pembubaran Sejumlah Lembaga Menghemat Anggaran

Pakar Hukum Tata Negara: Pembubaran Sejumlah Lembaga Menghemat Anggaran

Nasional | sindonews | Jumat, 17 Juli 2020 - 14:18

JAKARTA - Rencana pembubaran sejumlah lembaga dianggap tepat. Pemerintah bisa menghemat anggaran. Pakar Hukum Tata Negara, Bayu Dwi Anggono mengatakan pemerintah memang perlu meramping struktur organisasi, terutama lembaga atau komisi, berada di luar kementerian.

Bayu menilai tidak ada masalah dengan upaya mengevaluasi lembaga-lembaga yang selama ini tidak terdengar fungsi dan perannya. Setelah dibubarkan, pegawai lembaga-lembaga tersebut bisa dimasukkan ke kementerian-kementerian. Ini tentu akan menghemat anggaran negara apalagi sekarang pemerintah membutuhkan dana yang besar untuk menangani pandemi COVID-19 dan dampak sosial-ekonominya.

"Saya pikir belanja lembaga itu ada yang disebut belanja pegawai, modal, dan operasional. Kalau dirampingkan, belanja modal dan operasional hilang. Cukup hanya membayar belanja pegawai yang tetap di kementerian," ujarnya saat dihubungi SINDOnews , Kamis (16/7/2020).

Bayu meyakini pembubaran lembaga-lembaga itu pasti ada efisiensi yang luar biasa besar. Dia menjelaskan tugas dan fungsi lembaga itu selama ini sama dengan kementerian sehingga tidak efektif. Program-programnya kadang tidak berkontribusi terhadap layanan publik yang diinginkan presiden.

Dengan hilangnya lembaga-lembaga itu akan memotong rantai layanan dan duplikasi birokrasi. Beberapa lembaga yang disebut akan dibubarkan, seperti Badan Restorasi Gambut dan Badan Promosi Pariwisata Indonesia. Bayu memaparkan tugas dan fungsi lembaga itu bisa dijalankan oleh Kementerian Lingkungan Hidup dan Kehutanan, serta Kementerian Pariwisata dan Ekonomi Kreatif.

"Ternyata dalam praktiknya, keberadaan lembaga dan tufoksinya itu duplikasi dengan kementerian yang sudah ada sehingga tidak efektif. Yang punya fungsi, struktur, anggaran, dan kewenangan kuat ya kementerian. Akhirnya, mereka lambat laun enggak efektif," pungkasnya.

Original Source

Topik Menarik

{