Loading...
Loading…
Kemenag Sebut Penanganan Covid-19 di Gontor Sudah Baik

Kemenag Sebut Penanganan Covid-19 di Gontor Sudah Baik

Nasional | jawapos | Jumat, 17 Juli 2020 - 08:50

JawaPos.com Kasus Covid-19 di pondok pesantren Gontor 2, Ponorogo, Jawa Timur terus bertambah. Kamis (16/7) dinyatakan ada 15 santri yang positif Covid-19. Kementerian Agama (Kemenag) menyebut penanganan wabah di Gontor sudah baik.

Plt Dirjen Bimas Islam Kemenag Kamaruddin Amin menuturkan sudah ada koordinasi yang baik antara Pemprov Jawa Timur, Kanwil Kemenag Jawa Timur, beserta gugus tugas penanganan Covid-19 setempat dan gugus tugas di pesantren Gontor. Kita berdoa supaya tidak lagi bertambah, katanya Kamis (16/7) malam.

Kamaruddin juga mengatakan tidak ada instruksi dari Kemenag supaya Gontor 2 memulangkan santrinya. Sebab kalaupun dilakukan pemulangan, bisa berpotensi membawa virus untuk lingkungan tempat tinggal para santri itu. Dia mengatakan penanganan sudah baik, seperti dilakukan pembatasan akses secara ketat atau lockdown.

Terkait banyaknya santri Gontor 2 yang terjangkit Covid-19 itu, Kamaruddin mengatakan bisa menjadi pelajaran untuk pesantren lainnya. Bahwa meskipun sudah menerapkan protokol dengan ketat, masih saja bisa kecolongan. Untuk itu pesantren harus semakin tetat dalam menjalankan protokol kesehatan.

Kamaruddin juga menjelaskan soal dana bantuan untuk pesantren yang mencapai Rp 2,3 triliun. Dia mengatakan dana tersebut sudah masuk ke anggaran Kemenag. Tinggal pencairan saja. Dia berharap dalam waktu dekat dana bantuan operasional pendidikan (BOP) untuk pesantren itu bisa segera dicairkan.

Untuk pesantren kategori kecil mendapatkan Rp 25 juta/tahun. Sedangkan pesantren kategori sedang dijatah Rp 40 juta/tahun. Lalu pesantren kategori besar mendapatkan Rp 50 juta/tahun. Kamaruddin berharap ketika dana itu sudah cair, bisa digunakan untuk operasional pesantren. Khususnya terkait penanganan dan penerapan protokol Covid-19.

Juru Bicara Satgas Covid-19 Gontor M. Adib Fuadi Nuriz membenarkan bahwa ada penambahan kasus Covid-19 di Gontor 2. Dia menceritakan setelah dilakukan rapid test kepada lebih dari 1.300 orang santri, ada beberapa santri yang reaktif. Kemudian untuk santri yang reaktif dilakukan test swab sehingga bisa dipastikan apakah ada yang positif atau negatif.

Hari ini (kemarin, Red) ada 15 santri positif Covid-19 yang kita berangkatkan ke RS Lapangan Indrapura Surabaya, katanya. Dia menjelaskan saat ini total santri yang positif dan dalam perawatan di Surabaya ada 23 orang santri.

Saksikan video menarik berikut ini:

Original Source

Topik Menarik