Loading...
Loading…
KKHI Madinah Siap Sambut Jamaah Haji Gelombang Dua

KKHI Madinah Siap Sambut Jamaah Haji Gelombang Dua

Nasional | republika | Rabu, 20 Juli 2022 - 11:50

IHRAM.CO.ID,MAKKAH--Kantor Kesehatan Haji Indonesia (KKHI) Madinah sudah siap memberikan pelayanan kepada jamaah haji gelombang dua. Sesuai jadwal jamaah haji gelombang 2 berangkat dari Makkah ke Madinah Kamis (21/7/2022).

"Selamat datang jamaah haji gelombang dua di kota Madinah, tempat hijrahnya Rasulullah," kata Kepala KKHI Madinah dr Enny Nuryanti kepada Republika , Selasa (19/7/2022).

Enny mengatakan, untuk menyambut kedatangan jamaah gelombang dua ke Madinah Tim KKHI Madinah telah selesai melakukan beberapa persiapan. Di antaranya membersihan semua ruangan perawatan KKHI Madinah setelah ditinggal selama 23 hari ke Makkah.

"Mulai dari IGD, Apotik, Laboratorium, dan Poli Gigi," ujarnya.

Tim kesehatan KKHI Makkah juga telah mendistribusikan alat kesehatan (alkes) sekaligus menata kembali alkes sesuai tempat dan kebutuhannya. Selama fase Armuzna, KKHI Madinah tidak digunakan karena semua petugas kesehatan berangkat ke Makkah.

Selanjutnya, tim KKHI Madinah melakukan uji fungsi alat kesehatan untuk memastikan kesiapan alat-alat tersebut. Uji fungsi penting dilakukan untuk mengetahui apakah alat-alat tersebut masih bisa digunakan atau tidak.

Enny mengatakan, timnya juga menyiapkan obat-obatan sesuai kebutuhan, menyiapkan pelayanan evakuasi dan tanazul, penyiapan layanan MCU bagi jamaah haji risti atau sakit dalam hal kelayakan terbang. Dan selanjutnya koordinasi antar penanggung jawab untuk kesiapan pelayanan jamaah haji gelombang kedua.

Enny berpesan, agar jamaah tetap menjaga kesehatan dan menyesuaikan aktivitas ibadah dengan kemampuan fisik. Konsumsi obat sesuai anjuran dokter dan tetap patuhi protokol kesehatan.

"Kami berharap pelayanan gelombang kedua lebih baik dari gelombang pertama," katanya.

Sementara itu, dihubungi terpisah, Kepala Seksi Kesehatan KKHI Makkah, dr Imran S Hamdani mengatakan, dalam rangka menyambut keberangkatan jamaah gelombang 2 pihaknya telah memberangkatkan dua tim kesehatan untuk berangkat ke Madinah.

"Tim KKHI Madinah dan EMT Madinah saat ini sudah berada di Madinah untuk mempersiapkan pelayanan kesehatan sebelum jamaah gelombang dua tiba di Madinah," katanya.

Selanjutnya pada Selasa (19/7/2022) Tim promosi kesehatan (promkes) dijadwalkan berangkat ke Madinah secara bertahap. Tim ini akan kembali menyampaikan pesan-pesan kesehatan kepada jamaah haji di setiap hotel-hotel yang ditempati jamaah haji.

Original Source

Topik Menarik