Loading...
Loading…
Amalan Bulan Dzulhijjah bagi yang Belum Mampu Naik Haji

Amalan Bulan Dzulhijjah bagi yang Belum Mampu Naik Haji

Nasional | republika | Rabu, 20 Juli 2022 - 09:36

IHRAM.CO.ID,JAKARTA -- Bagi umat islam yang diberikan kemampuan secara fisik dan materi, maka dia diwajibkan untuk berhaji di bulan Dzulhijjah. Namun, bagaimana dengan mereka yang tidak memiliki kemampuan tersebut, amalan apa yang hendaknya dikerjakan?

Dikutip dari buku Panduan Praktis Amalan Ibadah di Bulan Dzulhijjah karya Abu Abdillah Syahrul Fatwa bin Lukman, Termasuk hikmah Allah Azza wa Jalla, Dia menjadikan media beramal tidak hanya pada satu amalan saja. Bagi yang tidak mampu haji, jangan bersedih, karena disana masih banyak amalan salih yang pahalanya tetap ranum dan siap dipetik pada bulan ini.

Di antara contohnya shalat sunnah, dzikir, sadaqoh, berbakti pada orang tua, amar maruf nahi mungkar, menyambung tali persaudaraan dan berbagai macam amalan lainnya. Rasulullah bersabda:

. : :

Barangsiapa yang sholat subuh berjamaah kemudian duduk berdzikir hingga terbit matahari, setelah itu dia shalat dua rakaat, maka baginya pahala seperti pahala haji dan umrah. Perawi berkata: Rasulullah berkata: Sempurna... sempurna... sempurna. (HR. Tirmidzi)

Ini adalah keutamaan yang besar, kebaikan yang banyak, tidak bisa dikiaskan. Sesungguhnya Allah adalah pemberi nikmat, memberi keutamaan sesuai kehendaknya dan kepada siapa saja yang dikehendaki. Tidak ada yang dapat menentang hukumnya dan tidak ada yang yang dapat menolak keutamaan-Nya. (at-Tamhid).

Original Source

Topik Menarik