Diterjang Ombak, Satu Hilang Empat Orang Selamat

Diterjang Ombak, Satu Hilang Empat Orang Selamat

Nasional | jawapos | Senin, 18 Juli 2022 - 06:33
share

JawaPos.com Satpolair Polres Probolinggo menyatakan, empat orang selamat dan satu orang yang merupakan nahkoda perahu masih dinyatakan hilang. Peristiwa itu terjadi saat perahu diterjang ombak tinggi di perairan Gending, Kabupaten Probolinggo, Jawa Timur, Minggu (17/7).

Mereka tujuannya memancing di sekitar perairan Pulau Gili Ketapang, Kabupaten Probolinggo, pada Sabtu (16/7). Saat perjalanan pulang, perahunya diterjang ombak di Perairan Gending hingga karam, kata Kepala Satuan Polisi Perairan (Satpolair) Polres Probolinggo AKP Slamet Riyanto seperti dilansir dari Antara di Probolinggo.

Empat orang pemancing yang selamat yakni Alen, 38, dan Lukman Hakim, 37, keduanya warga Kota Surabaya. Serta Caesar Ardian, 33, warga Madiun, dan Eric, 38, warga Kabupaten Sidoarjo. Sedangkan pemilik perahu Alex yang juga nahkoda perahu dinyatakan hilang, merupakan warga Kabupaten Probolinggo.

Empat pemancing itu diantar oleh Alex, warga Kecamatan Gending, Kabupaten Probolinggo sekaligus pemilik perahu untuk memancing di beberapa lokasi di perairan Pulau Gili Ketapang. Namun saat pulang, perahunya dihantam ombak hingga bagian depan perahu pecah dan tenggelam, terang Slamet Riyanto.

Berdasar keterangan korban selamat, lanjut dia, saat kapal dihantam ombak, empat pemancing itu berenang menggunakan stereofoam tempat ikan dan pemilik perahu terpisah dengan berenang ke tepi pantai menggunakan jerigen air untuk meminta pertolongan.

Empat pemancing itu terapung-terapung beberapa jam dan akhirnya ditolong nelayan yang kebetulan melintas di perairan itu pada Minggu (17/7) dini hari, kemudian dibawa ke tepi Pulau Gili Ketapang dan selanjutnya dibawa ke Markas Satpolair, ujar Slamet Riyanto.

Slamet menjelaskan, pihaknya mendatangkan petugas Urusan Kesehatan (Urkes) Polres Probolinggo di Mako Satpolair Probolinggo untuk memeriksa kesehatan korban selamat tersebut. Hasil pemeriksaan, semuanya dalam kondisi baik.

Sebagian keluarga korban selamat juga sudah di Kantor Satpolair Polres Probolinggo untuk menjemput dan akan membawa pulang, setelah dilakukan pemeriksaan kesehatan dan memberikan keterangan terkait dengan kecelakaan laut tersebut, papar Slamet Riyanto.

Untuk nahkoda perahu yang hilang, Satpolair melakukan koordinasi dengan BPBD Probolinggo dan Basarnas, serta nelayan untuk melakukan pencarian terhadap korban Alex. Dalam pencarian korban hilang tersebut, kami tetap mengutamakan keselamatan karena cuaca masih ekstrem dan pencarian dihentikan sementara. Pencarian akan dilanjutkan pada Senin (18/7), tutur Slamet Riyanto.

Topik Menarik