Komisaris Persib Bandung Akui Wasit Liga 1 Membaik

Komisaris Persib Bandung Akui Wasit Liga 1 Membaik

Nasional | republika | Minggu, 17 Juli 2022 - 12:55
share

REPUBLIKA.CO.ID, ANDUNG -- Kompetisi Liga 1 akan segera hadir pada pekan depan. Selagi menantikan kompetisi kembali, turnamen pramusim pun terselenggara.

Komisaris PT Persib Bandung Bermartabat, Umuh Muchtar, mengakui selama ajang Piala Presiden ini memperlihatkan kualitas wasit yang semakin membaik. Terbukti dengan berkurangnya keberatan pemain pada kepemimpinan wasit.

"Masalah wasit saya lihat sudah ada perubahan. Kami pun kemarin kalah tidak masalah karena wasitnya bagus, mau menyalahkan siapa? Mau mencari kambing hitam siapa? Kalau wasit bagus kami kalah juga terima ya," kata Umuh, Sabtu (16/7/2022).

Umuh mengakui wasit bukan hanya untuk memimpin di lapangan, tapi juga mengambil keputusan yang tepat dalam waktu yang sangat singkat. Ia berharap wasit bisa semakin baik saat ini.

"Mudah-mudahan ke depannya lebih baik lagi walaupun masih ada kekurangannya. Wajar, tapi kalau banyak kekurangan ya gak wajar ya. Jadi tidak bercermin dan tidak melihat sebelum-sebelumnya, harus lebih baik sekarang," kata Umuh.

Menurut Umuh, wasit tidak boleh menyalahgunakan posisinya sebagai wakil Tuhan. Menurut Umuh, wasit harus ingat bahwa ada keluarga menanti di rumah ketika wasit memimpin lapangan.

"Punya keluarga harus cari rezeki yang halal ya, wasit honornya sudah gede jangan sampai kejadian-kejadian yang tidak lucu dan tidak bagus lagi. Persib sudah kenyang dikerjain sama wasit. Tahun kemarin tidak, mudah-mudahan tahun depan wasit langgeng lagi" kata Umuh.

Topik Menarik