Siswa Smanor Sumbang 132 Medali di Porprov Jatim

Siswa Smanor Sumbang 132 Medali di Porprov Jatim

Nasional | jawapos | Jum'at, 15 Juli 2022 - 20:50
share

JawaPos.com- Sekolah Menengah Atas Negeri Olahraga (Smanor) Jatim memang tidak terdaftar di Pekan Olahraga Provinsi (Porprov) 2022. Sebab, ajang dua tahunan tersebut diperuntukkan kota atau kabupaten.

Namun, sekolah yang berada di Pagerwojo, Sidoarjo, itu memberikan kontribusi besar. Sebanyak 132 medali disumbangkan siswa-siswi Smanor untuk daerah asal masing-masing. Siswa Smanor ini berasal dari banyak daerah. Jadi, ketika porprov, mereka diminta daerah asal, jelas Kepala Smanor Jatim Suswanto, Kamis (14/7).

Para siswanya menyumbangkan sebanyak 45 emas, 40 perak, dan 47 perunggu. Bahkan, berkat hasil yang sudah diraih itu, Sekretaris Umum Komite Olahraga Nasional Indonesia (KONI) Jatim Harun sampai berkunjung ke sekolah.

Selain itu, Harun merupakan sosok penting berdirinya Smanor pada 1999 saat masih menjabat kepala Dinas Pendidikan (Dispendik) Jatim.

Harun ikut bangga dengan capaian siswa Smanor. Dia berharap prestasi yang sudah diraih tersebut bisa dipertahankan, bahkan ditingkatkan. Atlet Smanor tidak hanya berkontribusi buat daerah, tapi juga nasional. Banyak yang sudah mengharumkan nama negara, ujar Harun.

Sementara itu, seperti diberitakan sebelumnya, Gubernur Jatim Khofifah Indar Parawansa sudah memutuskan tuan rumah Porprov VIII pada 2023 mendatang. Yakni, Sidoarjo Raya yang meliputi Kabupaten Sidoarjo, Kota Mojokerto, Kabupaten Mojokerto, dan Kabupaten Jombang.

Keputusan tersebut tertuang dalam Surat Keputusan (SK) Gubernur Jawa Timur nomor 188/439/KPTS/013/2022 tentang Penunjukan Tuan Rumah Pekan Olahraga Provinsi Jawa Timur VIII Tahun 2023, tertanggal 1 Juli 2022.

Karena itu, sesuai SK tersebut, tuan rumah Porprov VIII diminta untuk mulai merencanakan, mempersiapkan, dan melaksanakan penyelenggaraan. Termasuk mempersiapkan sarana, prasarana, dan anggaran yang diperlukan sesuai ketentuan perundang-undangan.

Topik Menarik