Loading...
Loading…
Lihat! Ini 4 Perbandingan Foto dari Teleskop Hubble Vs James Webb

Lihat! Ini 4 Perbandingan Foto dari Teleskop Hubble Vs James Webb

Nasional | republika | Jumat, 15 Juli 2022 - 05:02

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA --Kumpulan gambar pertama yang diambil oleh teleskop James Webb sudah dapat dilihat. Teleskop James Webb adalah teleskop dengan teknologi paling canggih saat ini.

Foto-foto terbaru dari Webb telah menimbulkan kegemparan di komunitas ilmiah. Namun, publik telah terbiasa melihat foto-foto kosmos yang menakjubkan selama bertahun-tahun, jadi sekilas foto-foto baru ini mungkin tidak tampak berubah secara signifikan.

Kemajuan teknologi tidak langsung terlihat sampai mereka ditempatkan berdampingan dengan foto-foto yang sudah ada sebelumnya. Berikut ini adalah perbandingan foto yang dihasilkan oleh teleskop james Webb dan pendahulunya teleskop Hubble.

Nebula Carina

photo
Atas adalah foto Nebula Carina yang diambil dengan teleskop Hubble. Bawah diambil dengan teleskop James Webb. - (nasa,esa,hubble)

Batas bagian dalam NGC 3324, juga dikenal sebagai Nebula Carina. Fitur ini oleh NASA disebut sebagai Tebing Kosmik. Formasi ini diukir menjadi awan debu dan gas yang secara aktif menghasilkan bintang baru dengan radiasi ultraviolet dan angin bintang yang kuat dari bintang sekarat yang berada jauh di atas bidang pandang gambar.

Banyak dari bintang yang baru lahir ini dapat dilihat untuk pertama kalinya pada gambar Webb di bagian bawah berkat penglihatan inframerahnya. Bintang termuda dapat dilihat sebagai bintik merah di wilayah terdalam awan.

Nebula Cincin Selatan

photo
Dua gambar Nebula Cincin Selatan. Foto kanan dihasilkan oleh teleskop James Webb, sebelah kiri diamati dengan teleskop Hubble. - (STScI/AURA/NASA/ NASA, ESA, CSA, and STScI)

Nebula Cincin Selatan, juga dikenal sebagai NGC 3132, adalah awan gas yang mengembang yang dilepaskan oleh bintang sekarat sekitar 2.500 tahun cahaya dari Bumi. NebulaCincin Selatan ditangkap oleh Hubble pada gambar kiri, yang diterbitkan pada tahun 1998.

Peningkatan yang jelas dalam resolusi dapat dilihat pada gambar James Webb di sebelah kanan, yang membuat seluk-beluk awan menjadi fokus besar dan mengungkapkan bahwa bintang yang lebih redup berada benar-benar ditelan oleh awan debu kecilnya sendiri.

Original Source

Topik Menarik

{
{
{