Tingkat Kepuasan Publik Terhadap Jokowi Tembus 80 Persen

Tingkat Kepuasan Publik Terhadap Jokowi Tembus 80 Persen

Nasional | genpi.co | Kamis, 14 Juli 2022 - 20:10
share

GenPI.co - Tingkat kepuasan publik terhadap kinerja Presiden Joko Widodo (Jokowi) mencapai 80.9 persen. Hal itu berdasarkan Survei Indonesia Elections and Strategic (indEX) Research.

"Ketegasan Jokowi dalam menjaga perdamaian dan menyelamatkan dunia dari ancaman krisis ekonomi berbuah pada tingginya kepuasan publik," kata Direktur Eksekutif indEX Research Vivin Sri Wahyuni di Jakarta, Kamis (14/7).

Menurutnya disrupsi ekonomi yang landa dunia diperparah oleh perang antara Ukraina dan Rusia.

Indonesia yang saat ini memimpin Presidensi G20 ditantang untuk memberikan solusi perdamaian dan pemulihan ekonomi dari ancaman krisis.

"Atas dasar itu, Presiden Jokowi memutuskan untuk melakukan kunjungan ke Ukraina dan Rusia," ucapnya.

Jokowi tercatat sebagai pemimpin Asia pertama yang mengunjungi Ukraina pascainvasi.

Determinasi Jokowi dalam upaya menciptakan perdamaian dunia dan menyelamatkan dunia dari krisis mendapat apresiasi publik.

Sebanyak 18,1 persen publik merasa tidak puas, di antaranya 1,9 persen tidak puas sama sekali dan tidak tahu/tidak jawab 1,0 persen.

Di tengah tekanan negara-negara Barat untuk memberi sanksi kepada Rusia, kata Vivin, Jokowi berusaha menghadirkan pihak-pihak yang bertikai dalam forum-forum G20.

"Publik domestik dan internasional masih akan melihat apakah kepemimpinan Jokowi dalam Presidensi G20 mampu menciptakan perdamaian dunia dan pemulihan ekonomi pascapandemi," kata Vivin.

Jika berhasil, Vivin meyakini bahwa publik akan makin puas terhadap Jokowi dan Indonesia akan makin menempati posisi strategis dalam percaturan global.

Survei Index Research dilakukan pada tanggal 17 Juli 2022 terhadap 1.200 orang mewakili semua provinsi. (ant)

Video seru hari ini:

Topik Menarik