Lantik Perwira TNI-Polri, Ini 4 Orang Peraih Adhi Makayasa 2022

Lantik Perwira TNI-Polri, Ini 4 Orang Peraih Adhi Makayasa 2022

Nasional | jawapos | Kamis, 14 Juli 2022 - 10:44
share

JawaPos.com Presiden Joko Widodo (Jokowi) melantik perwira TNI dan Polri di Istana Merdeka, Jakarta, Kamis (14/7). Jokowi bertindak sebagai inspektur upacara dalam Prasetya Perwira (Praspa) TNI-Polri tahun 2022 itu.

Para perwira TNI-Polri ini dilantik berdasarkan Keppres No.44/TNI Tahun 2022 tentang Pengangkatan Taruna-Taruni Akademi TNI menjadi Perwira TNI dan Keppres No.45/Polri Tahun 2022 tentang Pengangkatan Taruna-Taruni Akademi Kepolisian menjadi Perwira Kepolisian.

Atas nama pribadi masyarakat bangsa dan negara saya menyampaikan rasa bangga dan selamat atas pelantikan saudara-saudara para perwira, para ksatria muda sebagai perwira remaja TNI dan Polri, kata Jokowi dalam sambutannya.

Dalam kesempatan ini, kepala negara juga menyematkan tanda penghargaan kepada empat orang peraih Adhi Makayasa tahun 2022. Mereka di antaranya Rafi Naufal Afriansyah dari Akademi Militer (Akmil), Elang Tri Esthi Fitrananda dari Akademi Angkatan Laut (AAL), Jeremia Zophie Pramudya dari Akademi Angkatan Udara (AAU) dan Adira Rizky Nugroho dari Akademi Kepolisian (Akpol).

Bahwa saya akan memenuhi kewajiban perwira dengan sebaik-baiknya terhadap bangsa Indonesia dan Negara Kesatuan Republik Indonesia, yang berdasarkan Pancasila dan Undang-Undang Dasar Negara Republik Indonesia Tahun 1945, ucap Jokowi diikuti para perwira TNI-Polri.

Khusus perwira TNI, bahwa saya akan menegakkan harkat dan martabat perwira serta menjunjung tinggi sumpah prajurit dan sapta marga, imbuh Jokowi.

Khusus perwira Polri bahwa saya akan menegakkan harkat dan martabat perwira serta menjunjung tinggi tribata dan catur prasetya, ujar Jokowi.

Bahwa saya akan memimpin anak buah dengan memberi suri tauladan, membangun karsa, serta menuntun pada jalan yang lurus dan benar. Bahwa saya akan rela berkorban jiwa raga untuk membela nusa dan bangsa, demikian Jokowi diikuti para perwira.

Topik Menarik