Ibadah Haji 1443 H, 51 Jemaah Dibadalhajikan dan 136 Disafariwukufkan

Ibadah Haji 1443 H, 51 Jemaah Dibadalhajikan dan 136 Disafariwukufkan

Berita Utama | law-justice.co | Sabtu, 9 Juli 2022 - 19:55
share

Proses penyelenggaraan Ibadah Haji 1443 Hijriah atau 2022 Masehi saat ini tengah memasuki fase wukuf di Arafah. Menteri Agama Yaqut Cholil Qoumas menyebut tahun ini ada 51 jemaah yang dibadalhajikan dan 136 jemaah yang disafariwukufkan.

"Sesuai komitmen pemerintah, semua jemaah haji yang berhalangan, harus dibadalhajikan atau disafariwukufkan. Tahun ini ada 51 jemaah yang dibadalhajikan dan ada 136 jemaah yang disafariwukufkan, ujar Yaqut dikutip dari laman Kemenag, Sabtu (9/7/2022).

Ditambahkan Kepala Bidang Bimbingan Ibadah Haji, Alam Agoga Hasibuan 51 jemaah yang dibadalhajikan terdiri atas 29 badal haji karena wafat dan 22 jemaah dibadalhajikan karena sakit berat.

Mereka yang tengah sakit berat ini, sebanyak 10 jemaah dirawat di Klinik Kesehatan Haji Indonesia (KKHI). Sedangkan 12 jemaah dirawat di Rumah Sakit Arab Saudi.

Untuk jemaah safari wukuf, sebanyak 31 jemaah disafariwukufkan dengan berbaring di bus, 104 jemaah dengan posisi duduk di bus, dan ada 1 jemaah yang disafariwukufkan oleh pihak Rumah Sakit Arab Saudi, papar Alam.

Alam menuturkan, proses safariwukuf menggunakan 10 bus dan satu bus cadangan. Dalam setiap bus ditempatkan seorang khatib dan dua pembimbing ibadah serta tim kesehatan

"Nantinya di bus akan dilakukan proses safari wukuf, mulai dari khutbah wukuf hingga salat jamak qashar Zuhur dan Asar, serta talbiyah, zikir, dan doa, jelas Alam.

Sementara Kasi Bimbingan Ibadah Haji Daker Makkah Anshor menjelaskan terdapat 30 tim safari wukuf dan sejumlah tim medis dari KKHI Daker Makkah yang diturunkan.

Tugas dari dari tim safari wukuf antara lain mulai dari membimbing niat thaharah/bersuci jemaah, termasuk tayammum. Dari Tim Kesehatan KKHI juga membantu wudlu jemaah uzur. Bagi jemaah yang tidak bisa berwudlu, mereka dibantu untuk bertayamum.

"Tim KKHI juga membantu jemaah mengenakan pakaian ihram, baik untuk laki laki atau perempuan, ucap Anshor.

Topik Menarik