Loading...
Loading…
DMI Batang Izinkan Masjid Gelar Salat Iduladha Tanpa Jarak

DMI Batang Izinkan Masjid Gelar Salat Iduladha Tanpa Jarak

Nasional | gatra.com | Sabtu, 09 Juli 2022 - 13:06

Batang, Gatra.com -Masjid dan musala di Kabupaten Batang, Jawa Tengah, diperbolehkan untuk menggelar salat Iduladha secara normal dantanpa pembatasan ataupengaturan jarak. Namun, protokol kesehatan berupa pemakaian masker diimbau untuk tetap dilakukan.

Ketua Dewan Masjid Indonesia (DMI) Kabupaten Batang KH M Saifudin Zuhri mengatakan, DMI Pusattelah mengizinkan masjid dan musala di seluruh Indonesia menggelar salat Iduladha secara normal. Begitu pula di Batang karena sudah memasuki PPKM level I dan seluruh wilayahnya berzona hijau.

Menurut Saifudin, DMI telah menyosialisasikan agar umat muslim dapat melaksanakan salat berjamaah secara normal. Hal itudemimemeroleh keutamaan salat.

Keutamaannya akan diperoleh apabila kita bisa meluruskan dan merapatkan saf atau barisan, ujar Saifudin, Sabtu (09/07).

Terkait persiapan salat Iduladha di Masjid Agung Daru Muttaqin, Saifudin, yang juga menjabat sebagai Takmir Masjid Agung,menyebut bahwa seluruh karpet masjid sudah kembali dipasang yang sebelumnya hanya digulung sepanjang dua tahun selama pandemi Covid-19 mewabah.

Saifudin memperkirakan, akan ada 1.200 jamaah yang memadati seluruh ruangan baik lantai dasar maupun lantai dua masjid saat salat Iduladha digelar,Minggu (10/7). Untuk menjaga kebersihan masjid, dalam sehari dilakukan penyemprotan disinfektan sebanyak tiga kali.

Saat salat Jumat hanya 800 jamaah, sedangkan di masa Covid-19 jamaah yang salat dibatasi hanya 400 di lantai dasar saja, Saifudin menambahkan.

Original Source

Topik Menarik