Para Ahli Mengungkapkan Jika Aktivitas Seks Memiliki Hubungan Dengan Penyakit Jantung

Para Ahli Mengungkapkan Jika Aktivitas Seks Memiliki Hubungan Dengan Penyakit Jantung

Nasional | riau24.com | Kamis, 7 Juli 2022 - 12:13
share

RIAU24.COM-Sangat disayangkan, tetapi fakta bahwa serangan jantung telah merenggut nyawa anak muda terjadi lebih banyak dari sebelumnya, pada saat ini.Tren yang mengkhawatirkan ini sulit untuk diabaikan karena serangan jantung terutama merupakan masalah yang dihadapi oleh generasi tua beberapa tahun yang lalu.

Itu adalah penyakit yang jarang menyerang siapa pun yang berusia kurang dari 40 tahun sekarang, satu dari lima pasien yang menderita serangan jantung berusia di bawah 40 tahun!

Sebuah insiden mengejutkan di mana seorang pria Nagpur meninggal karena serangan jantung saat berhubungan seks dengan pasangannya baru-baru ini telah menimbulkan kekhawatiran dan pertanyaan serius di masyarakat, tentang keterkaitan antara serangan jantung dan seks.

zxc1

Ajay Parteki, pria 28 tahun meninggal karena serangan jantung saat melakukan hubungan seksual dengan pacarnya di sebuah pondok.Dia berprofesi sebagai pengemudi dan teknisi las.Patrekui dikabarkan menderita demam selama beberapa hari terakhir.Namun, polisi belum menemukan bukti konsumsi narkoba atau obat-obatan.Kejadian ini telah meningkatkan alarm di masyarakat, terutama di kalangan anak muda dan untuk menjawab semua pertanyaan yang terkait dengan masalah tersebut,Dr Abhinit Guptadari RS Regency menjawab pertanyaan yang belum terjawab.

Apakah seks merupakan faktor risiko serangan jantung?

Dr Gupta berkata, Seks atau keintiman fisik adalah tindakan alami, semacam aktivitas fisik aerobik.Ini bukan faktor risiko serangan jantung bagi orang dengan jantung sehat dan sebagian besar populasi pada umumnya.

Apakah seks berbahaya bagi mereka yang memiliki masalah jantung?

"Aktivitas seksual memang meningkatkan detak jantung Anda," kata ahli jantung.Namun, orang dengan kondisi jantung stabil tidak perlu khawatir.

Jika Anda bisa menaiki tangga atau joging atau berjalan satu mil tanpa kesulitan, aman bagi Anda untuk berhubungan seks.Manfaat jangka panjang dari aktivitas fisik secara teratur termasuk seks jauh lebih besar daripada risikonya, Dr Gupta meyakinkan.

Namun, ahli jantung memperingatkan bahwa "jika seseorang mengalami nyeri dada, sesak napas atau detak jantung tidak teratur, dia harus menjauhkan diri dari aktivitas fisik yang berat, termasuk seks."

Lebih lanjut, jika seseorang menggunakan obat-obatan karena masalah jantung, ia harus selalu berdiskusi dengan dokter yang merawat sebelum meminum pil yang dijual bebas untuk disfungsi ereksi, karena beberapa dapat menurunkan tekanan darah Anda secara berbahaya jika dikonsumsi bersamaan dengan obat jantung, tutup Dr Gupta.

Berapa tingkat kejadian serangan jantung saat berhubungan seks?

Menurut Dr Gupta, kemungkinan mengalami serangan jantung selama aktivitas seksual sangat rendah.Untuk setiap 10.000 orang yang berhubungan seks seminggu sekali, hanya 2 hingga 3 orang yang akan mengalami serangan jantung.

Selain itu, dokter mengatakan bahwa meskipun hubungan seksual meningkatkan kebutuhan jantung Anda akan oksigen dan meningkatkan detak jantung dan tekanan darah ke tingkat yang sebanding dengan menaiki dua tangga, selama seseorang stabil dan bebas gejala pada obat-obatan, itu tidak mengkhawatirkan, setelah berkonsultasi dengan dokter.

zxc2

Apakah ada manfaat seks bagi jantung?

Dalam kata-kata Dr Gupta, "aktivitas seksual seharusnya tidak membuat Anda takut" karena "seks dapat bermanfaat bagi kesehatan jantung Anda."

"Pria yang berhubungan seks setidaknya dua kali seminggu dan wanita memiliki kehidupan seks yang memuaskan,cenderung tidak mengalami serangan jantung" tegas Dr Gupta.

Berbicara tentang manfaat dari seks, ia berbagi, Seks adalah bentuk olahraga dan membantu memperkuat jantung Anda, menurunkan tekanan darah Anda, mengurangi stres dan meningkatkan kualitas tidur.Selain itu, keintiman dalam suatu hubungan dapat meningkatkan ikatan yang dapat menghilangkan depresi dan kecemasan serta meningkatkan kepercayaan diri, sehingga menurunkan risiko penyakit jantung.

Waspadai gejala umum serangan jantung ini, dan jika cocok dengan yang Anda alami saat ini jangan tunda untuk membuat janji dengan dokter.

Sakit dadaSesak napasNyeri di lengan, leher, dan bahuMualBerkeringat banyakPusingKelelahan
Topik Menarik