Humor Gus Dur: Soeharto Ajak Harmoko Naik Haji, Ketika Lempar Jumroh Batunya Balik ke Jidatnya

Humor Gus Dur: Soeharto Ajak Harmoko Naik Haji, Ketika Lempar Jumroh Batunya Balik ke Jidatnya

Nasional | republika | Rabu, 6 Juli 2022 - 09:32
share

KURUSETRA -- Salam Sedulur... Presiden Soeharto pernah mengajak sejumlah menterinya naik haji. Termasuk Harmoko, orang kepercayaan Pak Harto. KH Abdurrahman Wahid alias Gus Dur yang juga masuk dalam rombongan ternyata punya cerita lucu ketika berhaji bareng Pak Harto dan Harmoko.

Kejadian aneh bin lucu itu terjadi saat prosesi pelemparan jumrah. Rukun-rukun haji pun dilaksanakan. Hingga akhirnya ke rukun lempar jumrah. Rombongan Presiden Soeharto pun melempar batu ke tiang sebagai simbol mengusir setan.

Namun, ada satu pembantu presiden yang mengalami kejadian mistis. Menteri Penerangan saat itu, Harmoko yang paling rajin meminta petunjuk Presiden Soeharto, melemparkan batu ke arah tiang. Namun, batu yang dilemparkan itu kembali lagi ke Harmoko.

Beberapa kali batu-batu yang dilemparkan ke tiang malah balik lagi menghantam jidatnya. Wah kenapa jadi begini ya, kata Harmoko diceritakan Gus Dur.

Harmoko pun langsung takut dan gemetar. Ia mencoba pindah posisi, kali-kali saja berubah. Namun ternyata hasilnya sama saja, setiap batu yang dia lemparkan ke tiang berbalik menghantam dirinya.

Ia pun terpaksa terus melempar sebanyak tujuh kali sebagai rukun haji. Meski hasilnya selalu sama: batu berbalik dan menghantam jidatnya.

Karena ketakutan, Harmoko pun mencari Presiden Soeharto. Ia berlari mendekati Presiden untuk meminta petunjuk.

Namun, belum sampai di hadapan Soeharto, Harmoko mendengar bisikan entah dari mana di telinganya. "Sesama setan jangan saling lempar."

> Sejarah Sumpit yang Diharamkan Dipakai Umat Islam untuk Makan

>Tak Perlu Pakai Pawang, Begini Cara Muhammadiyah Cegah Hujan

> Pawang Hujan Mandalika, Ustadz Khalid Basalamah: Pawang Hujan Itu Dukun, Haram Hukumnya dalam Islam

> Humor Gus Dur: Gara-Gara Dikirimi PSK, Gus Dur Terpaksa Tidur di Sofa

> Humor Gus Dur: Bertemu PM Mesir Juru Catat Bingung, Apa yang Dicatat Gus Dur Hanya Cerita Lucu

> Humor Gus Dur: Dikritik Tangannya Dicium Ibu-Ibu Pengajian, Dijawab Gak Mungkin Saya Nikahi Semua

> Humor Gus Dur: Cak Nun Batal Temani Soeharto Tobat Gara-Gara Dikerjain Gus Dur

.

Ikuti informasi penting seputar berita terkini, cerita mitos dan legenda, sejarah dan budaya, hingga cerita humor dari KURUSETRA. Kirim saran dan kritik Anda ke email kami: kurusetra.republika@gmail.com. Jangan lupa follow juga Youtube, Instagram, Twitter, dan Facebook KURUSETRA.

Topik Menarik