Banjir Rob Genangi Puluhan rumah warga di Dua Desa Aceh Barat

Banjir Rob Genangi Puluhan rumah warga di Dua Desa Aceh Barat

Nasional | acehsatu.com | Minggu, 3 Juli 2022 - 09:18
share

ACEHSATU.COM | Meulaboh - Banjir Rob Genangi Puluhan rumah warga di Dua Desa Aceh Barat.

Sejak Minggu pagi pasang air laut (banjir rob) menggenangi Puluhan rumah warga di Desa Pasir dan Desa Ujong Kalak, Kecamatan Johan Pahlawan, Meulaboh, Kabupaten Aceh Barat.

Akibat bencana alam tersebut, sejumlah warga terpaksa mengungsikan barang di rumah merek ke tempat yang lebih aman, guna menghindari terjangan pasang air laut.

Kepala Desa (Keuchik) Gampong Pasir, Kecamatan Johan Pahlawan, Aceh Barat, Romi Saputra kepada ANTARA, Ahad di Meulaboh mengatakan bencana alam tersebut terjadi sejakpagi hari usai shalat Subuh.

Ia mengatakan, untuk sementara hanya rumah masyarakat yang berada berdekatan dengan bibir pantai yang terendam pasang air laut, dengan ketinggian air yang merendamrumah masyarakat mencapai sekitar 30 sentimeter.

Ia menjelaskan, sejauh ini pihaknya telah melakukan pendataan terhadap rumah warga yang terdampak pasang air laut di daerah tersebut.

Untuk saat ini baru sekitar 17 rumah warga yang terdata terkena banjir rob di desa kami, kata Romi Saputra menambahkan.

Pihaknya juga sudah melaporkan bencana alam tersebut ke Badan Penanggulangan Bencana Daerah Aceh Barat dan pihak kecamatan, dengan harapan segera mendapatkanpenanganan atau bantuan terhadap masyarakat yang terdampak.

Sementara itu, Pj Keuchik (Kepala Desa) Ujong Kalak, Kecamatan Johan Pahlawan, Aceh Barat,

M Hasmi yang dikonfirmasi terpisah mengatakan sejauh ini aparat desasetempat masih melakukan pendataan terhadap warga yang terdampak banjir rob di desa mereka.

Kalau jumlah masyarakat terdampak belum pasti, karena masih dilakukan pendataan, katanya menambahkan.

Guna mengantisipasi meluasnya rendaman banjir rob di pemukiman masyarakat, dirinya bersama warga masih melakukan gotong-royong

Untuk membersihkan saluran utama parit didesa mereka, dengan harapan aliran air laut tidak tergenang di pemukiman masyarakat, tuturnya.

Topik Menarik