Gandeng PMI, Komunitas Jokpro DKI Jakarta Gelar Kegiatan Donor Darah

Gandeng PMI, Komunitas Jokpro DKI Jakarta Gelar Kegiatan Donor Darah

Nasional | jawapos | Sabtu, 2 Juli 2022 - 18:16
share

JawaPos.com Komunitas Jokpro 2024 Regional DKI Jakarta menggalang aksi solidaritas warga melalui kegiatan donor darah yang digelar di sekretariat nasional, Jl Tegal Parang Selatan I no 37 pada Sabtu (2/7). Kegiatan bertajuk Berbagi Darahmu, Berbagi Kepedulianmu, Untuk Persatuan Indonesia mendapat antusiasme warga yang hadir.

Ketua Komunitas Jokpro 2024 DKI Jakarta, Bambang Darmanto mengatakan kegiatan yang dilakukan komunitas ini bekerja sama dengan Palang Merah Indonesia (PMI) dan menyerap sebanyak 100 kantong darah bagi donor yang dilakukan masyarakat. Tadi sudah tutup jam 12 siang, tapi masih ada yang melakukan donor, namun petugas dari PMI sudah tutup karena waktunya terbatas. Kalau dari PMI itu kan menyediakan 100 kantong kemudian kita itu sudah ada daftar 100 plus juga cadangan, jelasnya.

Bambang mengatakan bahwa komunitas Jokpro 2024 juga aktif di kegiatan sosial yang bermanfaat bagi masyarakat. Pasalnya kebutuhan kantong darah di DKI Jakarta cukup tinggi.

Bukan hanya politik, tapi juga setidaknya harus mengadakan kegiatan yang bermanfaat bagi masyarakat. Di sini sesuai dengan slogan kita Persatuan Indonesia, kenapa kita memilih donor darah karena darah itu tidak mengenal ras, agama, suku dan bangsa, ujar Bambang saat ditemui di lokasi acara.

Menurutnya, darah yang didonorkan juga sebagai simbol persatuan. Darah yang diambil tentunya untuk kebermanfaatan semua masyarakat yang membutuhkan, bukan hanya satu golongan saja.

Jadi bukan berarti (donor darah) saya dari Jakarta, saya hanya untuk orang Jakarta. Tidak. Tapi, untuk semua manusia. Insya Allah berguna, ucapnya.

Sementara itu, Ketua Umum Jokpro 2024 Baron Danardono merencanakan kegiatan donor darah rutin dilakukan setiap 3 bulan sekali. Ini yang pertama dan penanggungjawabnya adalah Bambang Darmanto sebagai Ketua Regional DKI Jakarta kerja sama dengan PMI. Insya Allah kalau bisa dirutinkan setiap 3 bulan gitu jadi biar bergulir terus. Harus bisa bermanfaat dengan segala kekurangan, bebernya.

Senada dengan Baron, Sekretaris Jokpro Timothy Ivan Triyono, mengatakan Jokpro DKI Jakarta ingin menyampaikan pesan bahwa sebagai sesama bangsa, sesama anak anak bangsa wajib menunjukkan kepedulian, wajib saling berbagi, apalagi untuk merajut tali persaudaraan Indonesia.

Topik Menarik