Pemda Konawe Kian Dilirik Daerah Lain Sebagai Tempat Studi Banding

Pemda Konawe Kian Dilirik Daerah Lain Sebagai Tempat Studi Banding

Nasional | telisik.id | Sabtu, 2 Juli 2022 - 14:28
share

KONAWE, TELISIK.ID - Perkembangan Kabupaten Konawe sejak dinakhodai Kery Saiful Konggoasa berubah menjadi salah satu daerah maju di Provinsi Sulawesi Tenggara saat ini.

Atas keberhasilan tersebut, kini Kabupaten Konawe sudah menjadi bagian dari tujuan studi daerah lain.

Hal tersebut diungkapkan Sekretaris Daerah (Sekda) Konawe Ferdinan Sapan dalam kegiatan pelantikan camat dan Sekretaris Dinas Kominfo Konawe di aula kantor BKPSDM Konawe, Jumat (1/7/2022).

Ferdinan mengatakan, baru-baru ini Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Konawe telah mendapatkan kunjungan kerja dari anggota Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) Kota Baubau. Rombongan tersebut dipimpin Ketua DPRD Kota Baubau, Zahari.

Adapun tujuan kunjungan tersebut, kata Ferdinan, pembahasan terkait Kajian Antar Daerah (KAD) yang berfokus tentang strategi peningkatan dan pencapaian realisasi investasi daerah.

"Tidak hanya dari Kota Baubau, daerah lain juga pernah berkunjung kesini, hanya kita jarang publikasikan," jelasnya.

Lebih lanjut, kata Ferdinan, Kabupaten Konawe kita ini mengapa menjadi sasaran utama dari daerah lain untuk dijadikan studi, itu dikarenakan mereka melihat Konawe saat ini perkembangannya tumbuh lebih cepat.

Terlebih lagi, lanjut Ferdinan, Kabupaten Konawe telah dinobatkan berada di peringkat ke-7 se-Indonesia dalam pendapatan realisasi dari segi investasi pada tahun 2021. Sehingga faktor ini membuat daerah lain ingin belajar dengan kita.

"Mereka melihat daerah kita ini lebih cepat atau lebih baik perkembangan dari daerah lain," imbuhnya.

Di hadapan rombongan anggota DPRD Kota Baubau, Ferdinan juga menjelaskan bahwa atas pencapaian itu tidak lain berdasarkan hasil konsep cara berfikir Bupati Konawe Kery Saiful Konggoasa.

Salah satunya, Bupati Konawe tidak ingin hanya mengandalkan potensi lokal yang ada di daerahnya jika ingin mengejar ketinggalan atau menginginkan kemajuan suatu daerah.

"Sehingga itu, Pak Bupati ingin apa yang bisa dikembangkan di daerahnya dari segi SDA, itu harus dimanfaatkan, salah satunya bidang Industri," jelasnya.

Kemudian, Ferdinan juga menyampaikan, jika ingin mengembangkan potensi dicbidang investasi, sekiranya pihak daerah terlebih dulu harus membuat para investor nyaman dan tidak berbelit-belit dalam setiap pengurusannya.

"Intinya buat mereka nyaman dan aman berinvestasi di daerah kita, dan juga dapat bermanfaat bagi masyarakat di sekitarnya," pungkasnya. (C-Adv)

Penulis: Aris Syam

Editor: Haerani Hambali

Topik Menarik