Cara goreng ebi furai tetap lurus dan renyah ala restoran, antigagal

Cara goreng ebi furai tetap lurus dan renyah ala restoran, antigagal

Nasional | brilio.net | Sabtu, 2 Juli 2022 - 13:32
share

Brilio.net - Hidangan Jepang terkenal lezat. Sebut saja sushi, sashimi, gyudon, sampai tempura. Nah, tempura khas Jepang punya jenis yang berbeda-beda. Mulai dari nori, ikan, sayuran, ayam, sampai udang. Untuk tempura udang atau lebih dikenal dengan nama ebi furai khas Jepang ini populer abis, lho.

Selain karena rasanya yang nikmat, ebi furai juga cocok disantap bareng aneka hidangan lain. Umumnya ebi furai disajikan sebagai pendamping ramen, udon, sup, atau bahkan cukup dengan nasi putih hangat saja sudah mantap banget. Ebi furai ini pun tak hanya dikenal enak, tapi cara bikinnya yang cukup unik.

Menariknya lagi, setelah dimasak, ebi furai memiliki bentuk tetap lurus cantik. Tekstur dalamnya empuk dan bagian luar renyah abis. Padahal, biasanya udang saat dimasak kan bentuknya jadi melengkung. Tapi, ebi furai ala restoran Jepang kenapa bisa lurus, ya?

Ternyata, ada teknik tersendiri untuk membuat menu tersebut jadi lurus. Salah satu akun TikTok warganet tak pelit berbagi cara masak ebi furai, nih.

Dikutip BrilioFood dari TikTok/@fajarlele pada Sabtu (2/7), langkah pertama adalah mencuci udang dengan air mengalir. Kemudian hilangkan beberapa bagian udang yang tidak perlu, seperti bagian kepala, kulit, serta ujung ekor udang yang tajam. Jadi, tinggal tersisa daging dan sisa ekor udang yang nggak tajam saja.

foto: TikTok/@fajarlele

Selanjutnya gunakan pisau untuk mengerat daging udang untuk menghilangkan kotoran di bagian dalam. Cukup sayat sedikit saja bagian punggung udang dan kotoran seperti benang hitamnya bisa langsung dibersihkan.

foto: TikTok/@fajarlele

Nah, satu ini rahasia udang nanti akan tegak lurus walaupun digoreng di minyak panas. Yup, dengan menyayat sedikit bagian bawah udang lalu pijat-pijat dengan jari. Kalau sudah, bisa langsung melanjutkan ke tahap pemberian tepung.

foto: TikTok/@fajarlele

Agar tepung yang melumuri udang bisa tebal, renyah, dan tetap gurih, wajib pakai dua jenis adonan tepung. Menggunakan tepung basah dan kering. Untuk tepung basah, bisa memakai terigu, telur ayam, merica, kaldu, dan susu cair. Sementara tepung keringnya cukup pakai tepung roti.

foto: TikTok/@fajarlele

Usai dibaluri pakai tepung basah dan dilanjutkan ke tepung kering, udang bisa langsung digoreng di minyak panas yang banyak. Apinya jangan terlalu besar maupun kecil, gunakan api sedang saja biar matang merata.

foto: TikTok/@fajarlele

Teknik yang dibagikan oleh TikTok/@fajarlele menuai sejumlah respons positif dari warganet lain. Bahkan beberapa dari mereka ada yang nggak ketinggalan ingin mencoba resep satu ini juga.

"bikin ngiler ya bund," ujar TikTok/@.

"nga di masukin kulkas dulu klw saya bikin klw nga di masukin kulkas tepung rotinya ga nempel," ungkap TikTok/@G.K.T.N. R3 KORLAP AiDAiDA sembari memberi saran seputar resep.

"emank enak bangt sich ini.. suamiku yg g suka udang aku akalin kyk gini doyan bangt apa lagi ankku ," komentar pemilik akun TikTok/@queen_salsabillah.

"Makasiiiiiiii,dari dulu pen bikin ya Robb.Otw nyoba.tangkiuuuuuu yaaaaa mamas creator," pungkas akun TikTok/@Hey El....

"sukAaaaaaa," tulis akun TikTok/@Maydifa.

embed video:

@fajarlele Ebi Furai ala HokBen enaknya joss #tiktokpintar #samasamabelajar #masakdirumah #hokben #tipsmasak #masaksimple original sound - Fajar Lele - Fajar Alam Setiabudi

Lihat disini

Topik Menarik