Prof Nurhasan Kembali Jabat Rektor Unesa, Canangkan 22 Progam Kerja

Prof Nurhasan Kembali Jabat Rektor Unesa, Canangkan 22 Progam Kerja

Nasional | republika | Jum'at, 1 Juli 2022 - 16:59
share

Kampus Prof Dr Nurhasan, MKes, resmi kembali memimpin Universitas Negeri Surabaya (Unesa) selama empat tahun ke depan, periode 2022-2026. Bersama sejumlah pejabat lingkungan Kemendikbudristek lainnya, Cak Hasan (sapaan akrabnya) ditetapkan dan dilantik langsung oleh Menteri Pendidikan, Kebudayaan, Riset dan Teknologi (Mendikbudristek), Nadiem Anwar Makarim pada Kamis (30/06/22).

Pada kesempatan itu, Nadiem Makarim mengingatkan kepada seluruh pejabat bahwa sumpah yang baru saja diucapkan mengandung tanggung jawab terhadap bangsa dan negara Republik Indonesia, tanggung jawab memelihara Pancasila dan UUD 1945 serta tanggung jawab terhadap kecerdasan dan kesejahteraan rakyat. Saya yakin, Bapak dan Ibu memiliki semangat yang tinggi untuk menjadi garda depan program Merdeka Belajar dan Kampus Merdeka (MBKM), kata Nadiem seperti dikutip dari laman unesa.ac.id.

Pascapelantikan, Cak Hasan berterima kasih kepada Kemendikbudristek dan civitas academica Unesa karena sudah kembali memberikan amanah untuk memimpin Unesa ke depan. Menurutnya, menjalankan amanah tidaklah mudah. Namun, dengan dukungan semua pihak, Unesa bisa menunjukkan mutunya di tingkat nasional bahkan internasional.

Ke depan tentu capaian-capaian selama ini akan terus ditingkatkan baik level nasional maupun dunia. Ini sesuai dengan visi yang saya sampaikan beberapa waktu lalu yaitu mewujudkan PTNBH Unesa yang tangguh, adaptif dan bereputasi internasional, katanya.

Beberapa tahun terakhir, reputasi Unesa melejit. Mutunya meningkat tajam. Prestasi gemilang. Dari sisi infrastruktur pun maju. Berbagai bangunan dan fasilitas berhasil diselesaikan seperti rektorat, student center, graha unesa, pascasarjana, laboratorium doping, gedung seni dan desain, gedung FEB, dan UKM center. Adapun yang saat ini sedang proses adalah gedung Biologi, Gedung Bahasa dan Seni, Sport Science Integrated Laboratorium, parkir terpadu, gedung kedokteran olahraga, gedung psikologi olahraga, dan PSDKU Kampus Unesa Magetan.

Beberapa program dan pembangunan serta target lain ke depan, kata Cak Hasan akan terus diraih dan dicapai. Ranking nasional dan internasional pun ditingkatkan lewat beberapa misi. Di antaranya; meningkatkan penyelenggaraan pendidikan akademik, vokasi, profesi yang unggul, kreatif, adaptif, dan kolaboratif untuk menghasilkan SDM yang berkarakter dan kompetitif; meningkatkan tata kelola penyelenggaraan perguruan tinggi yang transparan, akuntabel, partisipatif, dan adaptif berbasis entrepreneur, dan meningkatkan kualitas SDM yang kreatif dan adaptif dalam rangka mewujudkan layanan akademik dan non akademik yang berkualitas.

Selain itu, peningkatan income generating dalam rangka penyelenggaraan tridarma perguruan tinggi dan kesejahteraan sivitas Unesa; peningkatan jejaring dan kerja sama dalam dan luar negeri; peningkatan inovasi dalam rangka pengembangan perguruan tinggi yang kompetitif dan bereputasi, dan peningkatan kuantitas dan kualitas sarana prasarana serta realisasi kampus berwawasan pendidikan kewirausahaan ( edupreneurial university ) menuju perguruan tinggi mandiri dan berdaya saing global.

Misi tersebut saya jabarkan dalam 22 program kerja mulai dari kurikulum berbasis KKNI dan OBE untuk semua prodi, peningkatan kualitas layanan akademik, vokasi, dan profesi, peningkatan kerja sama baik dalam dan luar negeri, hingga peningkatan budaya akademik dan pengembangan SDM melalui studi lanjut dan pelatihan, jelas Cak Hasan.

Mau Beasiswa S2 dan S3 Berbiaya Penuh di Malaysia ? Yuk Intip Syaratnya

LPDP Buka Beasiswa S2 di Bidang Metalurgi dan Sains Material di Cina, Mau ?

Beasiswa S2 Kominfo 2022 Dibuka untuk PNS dan Umum, Yuk Cek Syaratnya

Ini Beasiswa S-1 Dalam dan Luar Negeri, Deadline Juni Sampai Agustus 2022, Yuk Merapat

Kemkominfo Tawarkan Beasiswa S2 Luar Negeri, Ini Persyaratannya

Mau Berburu Beasiswa Tahun 2022 ? Ini Linknya

Pandemi Covid-19 Belum Berakhir, Kunjungi Museum Virtual Seperti Nyata, Ini Linknya

Ikuti informasi penting dan menarik dari kampus.republika.co.id.Silakan sampaikan masukan, kritik, dan saran melalui e-mail : kampus.republika@gmail.com

Topik Menarik