Ngaku Tak Punya Kepentingan, Jokowi Siap Bantu Komunikasi Putin-Zelenskiy

Ngaku Tak Punya Kepentingan, Jokowi Siap Bantu Komunikasi Putin-Zelenskiy

Berita Utama | reqnews.com | Jum'at, 1 Juli 2022 - 05:15
share

JAKARTA, REQnews - Presiden Joko Widodo tiba di Kremlin, bertemu dengan Presiden Rusia Vladimir Putin pada Kamis 30 Juni 2022.

Dalam pertemuan itu, Jokowi menegaskan bahwa Indonesia tidak memiliki kepentingan apapun dalam konflik yang terjadi antara Rusia dan Ukraina.

"Saya sampaikan bahwa Indonesia tidak memiliki kepentingan apa pun, kecuali ingin melihat perang dapat segera selesai," kata Jokowi, seperti dikutip dari video di kanal YouTube Sekretariat Presiden.

Jokowi menegaskan, perdamaian menjadi isu utama yang didorong dalam politik luar negeri Indonesia. Sehingga hal itu menjadi dasar upaya menjembatani komunikasi antara Presiden Rusia Vladimir Putin maupun Presiden Ukraina Volodymyr Zelenskiy.

"Konstitusi Indonesia mengamanatkan agar Indonesia selalu berusaha berkontribusi bagi terciptanya perdamaian dunia," ucapnya.

"Saya telah menyampaikan pesan Presiden Zelensky untuk Presiden Putin dan saya sampaikan kesiapan saya untuk menjadi jembatan komunikasi antara kedua pemimpin tersebut," kata Jokowi menambahkan.

Topik Menarik