Terbangun di Tengah-Tengah Tidur, ini Doanya

Terbangun di Tengah-Tengah Tidur, ini Doanya

Nasional | republika | Rabu, 29 Juni 2022 - 16:45
share

IHRAM.CO.ID, JAKARTA -- U mat Islam diajarkan untuk senantiasa mengamalkan adab saat hendak tidur. Salah satu adabnya adalah dengan berdoa, dan ketika seorang Muslim terbangun di tengah-tengah tidur maka dianjurkan untuk membaca doa.

Syekh Abu Bakar Jabir Al-Jazairi dalam kitab Minhajul Muslim menjabarkan doa ketika terbangun di tengah-tengah tidur, "Laa ilaha illallah wahdahu laa syarikalah lahul-mulku wa lahul-hamdu wa huwa ala kulli syai\'in qadir, subhanallahi walhamdulillahi wa laa ilaha illallah wallahu akbar wa laa haula wa laa quwwata illa billah,".

Yang artinya, "Tidak ada Tuhan (yang berhak disembah) selain Allah semata, tidak ada sekutu bagi-Nya, kepunyaannyalah segala kerajaan, segala puji bagi-Nya, Dia Mahakuasa atas segala sesuatu, Mahasuci Allah, segala puji bagi Allah, tidak ada Tuhan (yang berhak disembah) selain Allah, Allah Mahabesar, dan tidak ada daya dan upaya kecuali dari Allah,".

Lalu kemudian dianjurkan untuk berdoa dengan doa apa saja yang dia suka, niscaya dikabulkan. Sebab Rasulullah SAW telah bersabda, "Man ta\'aarra billaili faqaala hina yastayqizhu... tsumma da\'aastujiba lahu,". Yang artinya, "Barang siapa yang terbangun di malam hari, lalu di saat terbangun ia membaca... (lafadz di atas), kemudian ia berdoa, niscaya dikabulkan doanya,".

Topik Menarik