MM Unair Bekali Pengetahuan Finansial untuk Kuatkan Produk UMKM

MM Unair Bekali Pengetahuan Finansial untuk Kuatkan Produk UMKM

Nasional | jawapos | Senin, 27 Juni 2022 - 15:52
share

JawaPos.com Keterlibatan Universitas Airlangga (Unair) Surabaya dalam membangun masyarakat terus dibuktikan. Salah satunya dengan program-program mahasiswa yang terjun langsung membantu warga.

Kali ini, Mahasiswa Magister Manajemen Angkatan 57 Kelas E2A Universitas Airlangga Surabaya menyelenggarakan kegiatan Creating Shared Value (CSV). Kegiatan itu dilakukan dalam bentuk hybrid seminar pada Minggu (26/6).

Kegiatan bertajuk Creativepreneur Going Global itu bertujuan untuk memberikan harapan, motivasi, semangat, dan inspirasi. Harapannya, masyarakat bisa kembali bangkit dan mendapat edukasi finansial yang baik.

Mahasiswa Magister Manajemen Unair juga menggandeng pelaku usaha mikro kecil menengah (UMKM). Seminar itu mendorong pelaku UMKM untuk menguatkan dan meningkatkan kualitas produk.

Seluruh peserta bisa berinteraksi langsung dengan Menteri Pariwisata dan Perekonomian Kreatif Sandiaga Uno. Sandiaga hadir secara daring. Dia menyampaikan bahwa UMKM saat ini mulai meningkat dan menjadi pendukung perekonomian.

Wakil Gubernur Jawa Timur Emil Elestianto Dardak juga mengapresiasi kegiatan seminar tersebut. Menurut dia, UMKM adalah salah satu aspek yang turut mendukung kebangkitan perekonomian saat ini termasuk di jawa Timur.

Sementara itu, Ketua Gekrafs Jawa Timur Rian Septrianto Maulana menjelaskan, UMKM merupakan penyelemat perekonomian bangsa. Dia mengapresiasi seminar itu karena mampu menggandeng UMKM.

Dukungan dari segala pihak dibutuhkan agar UMKM dapat berkembang, ucap Rian.

Ketua Departemen Manajemen FEB Unair Gancar Candra Premananto menuturkan, UMKM saat ini adalah pejuang perekonomian. Peran UMKM sangat besar bagi ekonomi negara.

UMKM dituntut untuk kreatif dalam menciptakan produk-produk yang akan dipasarkan. Seminar ini bisa membuka insight baru, ucap Candra.

Selain itu, narasumber dari Otoritas Jasa Keuangan Indrawan menyamapaikan, pemerintah saat ini telah memiliki berbagai kebijakan yang mendukung pergerakan maupun pendanaan UMKM.Jadi, UMKM dapat terus berkembang, ujar Indrawan.

Dalam kegiatan tersebut, mahasiswa Magister Manajemen Angkatan 57 Kelas E2A Universitas Airlangga Surabaya juga telah mempersiapkan situs e-commerce yang dapat digunakan UMKM di Jawa Timur untuk mempromosikan produk-produknya. Situs bernama eastjavamarket.id .

Website tersebut menjual berbagai kebutuhan rumah tangga dan elektronik. Harga jual produk juga sangat terjangkau. Laman itu merupakan media untuk mempertemukan pembeli dan pelaku UMKM.

Topik Menarik