Rusia Gagal Bayar Utang Luar Negeri untuk Pertama Kalinya Sejak 1918

Rusia Gagal Bayar Utang Luar Negeri untuk Pertama Kalinya Sejak 1918

Nasional | riau24.com | Senin, 27 Juni 2022 - 13:40
share

RIAU24.COM-Rusia gagal membayar utang negara dalam mata uang asing untuk pertama kalinya dalam satu abad, puncak dari sanksi Barat yang semakin keras yang menutup rute pembayaran ke kreditur luar negeri.

Selama berbulan-bulan, negara itu menemukan jalan di sekitar hukuman yang dijatuhkan setelah invasi Kremlin ke Ukraina. Namun di penghujung hari pada hari Minggu (26 Juni), masa tenggang atas pembayaran bunga yang terjerat sekitar 100 juta dolar AS yang jatuh tempo pada 27 Mei berakhir, tenggat waktu yang dianggap sebagai peristiwa gagal bayar jika terlewatkan.

Ini adalah penanda suram dalam transformasi cepat negara itu menjadi orang buangan ekonomi, keuangan dan politik.

zxc1

Eurobonds negara telah diperdagangkan pada tingkat tertekan sejak awal Maret, cadangan devisa bank sentral tetap beku, dan bank-bank terbesar terputus dari sistem keuangan global.

Tetapi mengingat kerusakan yang telah terjadi pada ekonomi dan pasar, default juga sebagian besar simbolis untuk saat ini, dan tidak banyak berarti bagi Rusia yang berurusan dengan inflasi dua digit dan kontraksi ekonomi terburuk dalam beberapa tahun.

Rusia telah menolak penunjukan default, dengan mengatakan memiliki dana untuk menutupi tagihan apa pun dan telah dipaksa untuk tidak membayar.

Ketika mencoba untuk memutar jalan keluar, ia mengumumkan pekan lalu bahwa ia akan beralih untuk membayar utang negara yang beredar senilai 40 miliar dolar dalam rubel, mengkritik situasi keadaan kahar yang dikatakannya dibuat secara artifisial oleh Barat.

"Ini adalah hal yang sangat, sangat langka, di mana pemerintah yang sebaliknya memiliki sarana dipaksa oleh pemerintah eksternal menjadi default," kata Hassan Malik, analis senior di Loomis Sayles & Company LP. "Ini akan menjadi salah satu default DAS besar dalam sejarah," lanjutnya.

Deklarasi formal biasanya akan datang dari perusahaan pemeringkat, tetapi sanksi Eropa menyebabkan mereka menarik peringkat pada entitas Rusia.

zxc2

Menurut dokumen untuk wesel yang masa tenggangnya berakhir pada hari Minggu, pemegang dapat memanggil sendiri jika pemilik 25 persen dari obligasi yang beredar setuju bahwa Event of Default telah terjadi. Dengan berlalunya tenggat waktu terakhir, fokus beralih ke apa yang dilakukan investor selanjutnya.

Mereka tidak perlu segera bertindak, dan mungkin memilih untuk memantau kemajuan perang dengan harapan sanksi pada akhirnya akan dilunakkan. Waktu mungkin berpihak pada mereka, klaim hanya menjadi batal tiga tahun sejak tanggal pembayaran, menurut dokumen obligasi.

"Sebagian besar pemegang obligasi akan mempertahankan pendekatan menunggu dan melihat," Mr Takahide Kiuchi, seorang ekonom di Nomura Research Institute di Tokyo.

Selama krisis keuangan Rusia dan runtuhnya rubel tahun 1998, pemerintah Presiden Boris Yeltsin gagal membayar 40 miliar dolar dari utang lokalnya.

Terakhir kali Rusia jatuh ke dalam default vis-a-vis kreditur asingnya adalah lebih dari seabad yang lalu, ketika Bolshevik di bawah Vladimir Lenin menolak beban utang era Tsar negara yang mengejutkan pada tahun 1918.

Topik Menarik