Pekan Sempurna Bagi Francesco Bagnaia di Assen

Pekan Sempurna Bagi Francesco Bagnaia di Assen

Nasional | jawapos | Senin, 27 Juni 2022 - 08:59
share

JawPos.com Kali ini tidak terjadi lagi. Francesco Bagnaia membayar lunas kegagalan menyelesaikan balapan pekan lalu di GP Jerman.

Tadi malam, pembalap pabrikan Ducati itu mengakhiri rentetan GP Belanda dengan sempurna. Berangkat dari pole position , dia akhirnya finis terdepan sekaligus meraih podium tertinggi ketiganya musim ini.

Aku sangat senang, ucap Bagnaia. Setelah dua balapan sebelumnya dimana kami sejatinya sangat kompetitif tapi tak meraih satu poin pun, hasil ini begitu memuaskan, tambahnya dilansir Reuters.

Bagnaia kali ini terus mampu mengamankan keunggulan di balapan sepanjang 26 lap di Sirkuit Assen tersebut. Pembalap Italia itu juga mujur.

Dia diuntungkan insiden insiden tabrakan yang melibatkan dua pesaing terdekatnya. Yakni, Aleix Espargaro (Aprilia) dan Fabio Quartararo (Monster Energy Yamaha) di lap kelima.

Keduanya bertabrakan di tikungan 5 dan sempat keluar lintasan. Padahal, saat itu Espargaro dan Quartararo berada di posisi kedua dan ketiga.

Keduanya masih mampu melanjutkan balapan. Tapi, posisi mereka langsung anjlok ke barisan belakang.

Kejadian berawal dari upaya Quartararo menyalip Espargaro dari dalam. Namun, tiba-tiba ban depan pembalap asal Prancis tersebut terkunci saat melakukan pengereman.

Alhasil, juara bertahan MotoGP itu tergelincir dan menyeret Espargaro yang ada di sebelahnya keluar lintasan.

Petaka untuk Quartararo terjadi lagi pada lap 12 di lokasi yang sama. Pembalap berjuluk El Diablo tersebut mengalami highside sesaat setelah keluar dari tikungan 5.

Kejadian itu seketika membuat tubuhnya terpental dari motor dan tidak bisa melanjutkan balapan. Ini tercatat menjadi kali pertama bagi Quartararo gagal finis sejak GP Valencia pada 2020.

Aku membuat kesalahan sekelas rookie , sesal Quartararo dilansir Motorsport . Sejak awal aku terlalu bernafsu menyerang. Ini pelajaran untuk selanjutnya. Tapi, tetap saja ini kesalahan bodoh, tambah pembalap 23 tahun itu.

Hasil tersebut membuat jarak poin antara Quartararo dan Espargaro yang berada di posisi kedua klasemen pembalap menipis. Dari yang sebelumnya 34 poin kini tinggal 21 angka.

Meski sempat terlibat insiden dengan Quartararo, Espargaro tampil dahsyat dengan finis di posisi keempat.

Manuver hebat dia lakukan di tikungan terakhir jelang finis. Saat itu pembalap Spanyol tersebut menyalip dua rider sekaligus. Yakni, Jorge Martin (Pramac Ducati) dan Jack Miller (Ducati).

Total posisinya naik 11 tingkat setelah sempat tercecer ke posisi ke-15 akibat tertabrak Quartararo.

Bagi Bagnaia, tambahan poin maksimal dari Assen membuat peringkatnya naik ke posisi keempat klasemen pembalap. Jarak poinnya dengan Quartararo masih 66 angka menuju jeda musim panas ini.

Hasil apik juga dibuat rookie Marco Bezzecchi. Rider Mooney VR46 Ducati itu meraih podium pertamanya sepanjang karier di kelas premier dengan finis di posisi kedua.

Finis ketiga juga jadi hasil positif bagi Maverick Vinales. Itu menjadi podium pertamanya sejak bergabung dengan Aprilia musim lalu.

Topik Menarik