Mobil Listrik Toyota BZ4X di Recall Karena Ban Rawan Lepas

Mobil Listrik Toyota BZ4X di Recall Karena Ban Rawan Lepas

Nasional | jawapos | Senin, 27 Juni 2022 - 08:15
share

JawaPos.com Tindakan recall atau penarikan unit dilakukan Toyota Motor Corporation (Toyota) terhadap mobil listrik pertamanya yakni Toyota bZ4X yang sudah di pasarkan. Tepatnya sebanyak 2.700 unit mobil besutan merek Jepang ini baut rodanya mengalami cacat produksi yang menyebabkan ban rawan copot.

Di kutip dari laman Reuters, bila di rinci sebanyak 2.200 unit Toyota bZ4X berada di Eropa, lalu 260 unit di Amerika Serikat, 20 unit di Kanada, dan 110 unit di Jepang.

Menurut Lembaga Perlindungan dan Keselamatan Berkendara di negara Matahari Terbit ini mengatakan, kalau permasalahan mobil yang bermain di segmen SUV listrik ini diketahui ketika dikemudikan dalam kecepatan cukup tinggi dan melewati tikungan dan melakukan pengereman mendadak mengalami masalah.

Masalah tersebut adalah baut roda mengalami longgar yang berpotensi menyebabkan ban terlepas. Akan tetapi sejauh ini lembaga itu tidak mendapatkan laporan adanya kecelakaan yang terjadi akibat permasalahan tersebut.

Walaupun begitu pihak terkait masih belum mendapatkan laporan konsumen yang mengalami kecelakaan dengan adanya masalah ini di Jepang. Sedangkan di negara lain yang mendapatkan unit Toyota bZ4X hingga kini belum juga mendapatkan laporan masalah terhadap konsumen.

Bila melihat data Japan Automobile Manufacturers Association (JAMA), sepanjang Januari hingga Mei 2022 Toyota mencatat penjualan sebanyak 547.622 unit seluruh varian. Jumlah ini mengalami penurunan 17,6 persen dibanding total penjualan di periode yang sama tahun 2021.

Menurut data JAMA tidak ada unit Toyota bZ4X yang terjual selama lima bulan pertama, karena Toyota bZ4X baru diluncurkan di Jepang pada 12 Mei 2022.

Sedangkan di Indonesia, Toyota belum tertarik memasarkan mobil murni dengan penggerak listrik dengan berbagai alasan. Selama ini Toyota Indonesia masih berkonsentrasi memasarkan mobil hybrid.

Namun di ajang salah satu pameran otomotif terbersar di Indonesia beberapa waktu lalu Toyota memamerkan mobil full listrik di segemen MPV yang mengambil basis Innova.

Mobil dengan nama Kijang Innova EV itu sudah bisa berjalan dan dijajal langsung oleh Menteri Koordinator Perekonomian RI Airlangga Hartarto saat itu. Mobil tersebut masih dalam bentuk prototipe.

Menurut Direktur Administrasi, Korporasi dan Hubungan Eksternal PT Toyota Motor Manufacturing Indonesia (TMMIN), Bob Azam watu itu sempat mengungkapkan kemunculan Kijang Innova listrik di pameran IIMS 2022 mendapatkan sambutan positif dari berbagai kalangan. Bahkan sudah ada yang berminat untuk membelinya. Sudah ada yang ingin membeli, fleet market, kata Bob di Ancol, (1/4)

Menurut Bob, Kijang Innova listrik dipersiapkan selama dua tahun terakhir. Mobil ini dibangun dari platform Kijang Innova Venturer. Hanya saja, lanjut dia, mesin diganti dengan motor listrik dan baterai listrik dipasang di bawah lantai mobil. Pemasangan baterai ini di antara rangka (chassis).

Ada sekitar 30 persen ubahan yang dilakukan pada Kijang Innova listrik, ujar Bob. Bila melihat hal ini Toyota belum mau mengambil resiko untuk mengeluarkan model baru terkait mobil EV, ini terkait dengan penambahan investasi.

Topik Menarik