Kualifikasi Piala Dunia Basket 2023, ini Disiapkan Timnas Indonesia

Kualifikasi Piala Dunia Basket 2023, ini Disiapkan Timnas Indonesia

Nasional | law-justice.co | Senin, 27 Juni 2022 - 06:10
share

Timnas Basket Indonesia siap menyapu bersih dua laga terakhir dengan kemenangan pada Kualifikasi putaran pertama Piala Dunia Bola Basket 2023.

Timnas Basket Indonesia akan tampil pada dua pertandingan terakhir Grup C Kualifikasi Piala Dunia Bola Basket 2023 Zona Asia dan Oceania.

Indonesia akan berhadapan dengan Arab Saudi pada Jumat (1/7) mendatang di Istora Gelora Bung Karno. Kemudian disusul pertandingan Indonesia melawan Yordania pada 4 Juli.


Andakara Prastawa Dhyaksa dan kawan-kawan kini berada di dasar klasemen Grup C di bawah Yordania, Lebanon, dan Arab Saudi. Indonesia sudah melakoni empat pertandingan dan belum pernah menang.

Meski sudah empat kali kalah, namun Timnas Basket Indonesia tetap optimistis mampu merebut kemenangan di kandang dan lolos ke babak kedua Kualifikasi Piala Dunia Bola Basket 2023. Indonesia membutuhkan dua kemenangan untuk lolos ke babak kedua.

"Setelah melakukan perubahan, baik dari sisi manajemen dan roster, timnas tampil lebih baik. Ini dibuktikan dengan meraih medali emas di SEA Games 2022 di Hanoi, Vietnam. Pelatih Timnas Basket Indonesia Milos Pejic juga punya pilihan strategi lebih banyak dengan kehadiran Derrick Michael Xzavierro dan Marques Bolden," tulis Perbasi, Senin (27/6/2022)

Timnas Basket Indonesia juga yakin akan tampil solid usai menggelar pemusatan latihan di Australia.

"Pernampilan timnas di pemusatan latihan juga bagus dengan kabar kemenangan saat beruji tanding dengan tim-tim profesional asal Australia," tulis Perbasi.

"Dengan demikian, kepercayaan diri pemain dan optimisme penggemar basket Indonesia naik lagi. Momentum ini harus dimanfaatkan untuk bisa memaksimalkan sisa pertandingan di kualifikasi nanti," tulis Perbasi menambahkan.

Perbasi juga optimistis Indonesia mampu membalas kekalahan dari Arab Saudi. Pada pertemuan pertama, saat Indonesia bertandang ke Arab Saudi, tim yang dipimpin pelatih Rajko toroman itu kalah 66-95.

Tetapi ada beberapa faktor yang memungkinkan bagi Indonesia membalas kekalahan tersebut. Salah satunya adalah masuknya pemain-pemain baru seperti Derrick Michael Xzavierro, Marquez Bolden, hingga Yudha Saputera. Mereka dinilai memberikan warna baru untuk Timnas Basket Indonesia.

Di sisi lain, Timnas Basket Indonesia mewaspadai Yordania yang dinilai punya persiapan matang. Jelang tampil di Indonesia, Yordania telah melakukan uji coba melawan melawan Mesir, Uganda, dan Rwanda.

Topik Menarik