Loading...
Loading…
Kunci Sukses Alumni Universitas BSI Jadi Owner dan Founder Duta Baju Grosir

Kunci Sukses Alumni Universitas BSI Jadi Owner dan Founder Duta Baju Grosir

Nasional | republika | Minggu, 26 Juni 2022 - 15:37

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA-- Muhammad Fadli Readi, merupakan alumni Universitas BSI (Bina Sarana Informatika) kampus Jatiwaringin. Ia adalah Owner and Founder Duta Baju Grosir. Brand tersebut merupakan usaha di bidang fashion yang melayani penjualan baju wanita secara grosir dan ecer.

Fadli menceritakan awal mula ia membangun usaha tersebut bulan Agustus 2018 bersama istrinya. Alasannya memilih usaha fashion karena baju menjadi kebutuhan pokok, terutama bagi kaum wanita. Maraknya media sosial, membuat tren baju dengan model terbaru bermunculan, sehingga usaha ini menyasar pada baju wanita yang memiliki banyak model.

Visi dari usaha yang saya rintis ini adalah menjadikan bisnis duta grosir baju memberikan manfaat yang seluas-luasnya, terutama untuk orang terdekat. Tidak hanya owner saja yang sejahtera, tapi karyawannya juga harus sejahtera dan orang-orang di sekitar juga merasakan manfaatnya, ungkap Fadli dalam keterangan rilis, Jumat (24/6/2022)

Kini, melalui usaha Duta Baju Grosir, Fadli berhasil memiliki 60 karyawan. Target marketnya adalah kaum wanita di seluruh Indonesia dengan range usia 22-45 tahun. Ia menceritakan, bahwa dalam menjalankan usaha, tentu saja banyak sekali kendala yang dihadapi, baik dari segi internal maupun eksternal.

Baca Juga :
Talk Show Unlimited Public Health, Ketua IKA FKM Unhas: Angkatan 2010 Baru Separuh Jalan

Kendala internal dalam usaha yaitu turunnya daya beli konsumen, sedangkan dari segi eksternal adalah adanya karyawan yang terkadang keluar masuk, harus training ulang karyawan baru. Kendala lain dari sisi persediaan barang, kita harus selalu up to date karena baju wanita hampir setiap minggu ada model-model baru dan kita harus terus keep up dengan model-model itu. Kita harus menyediakan model baru terus, tidak boleh berhenti karena sekali kita berhenti, customer akan berpaling, ujarnya.

Dalam usahanya, Fadli membeberkan cara ia mengembangkan usahanya itu, yaitu selalu berusaha untuk menyediakan barang-barang yang paling baru ke customer. Mempersiapkan SDM, sehingga karyawan-karyawan yang di training, diajarkan bagaimana melayani customer dengan baik, karena kalau customer sudah terlayani dengan baik mereka akan merasa puas dan akan repeat order secara terus menerus. Inilah yang membuat usahanya semakin berkembang pesat.

Usaha itu tidak cukup hanya dipikirkan, harus action, terkadang pada saat mau action itu masih begitu banyak pertimbangan ini itu, mulai saja dulu. Sekecil apapun yang bisa dilakukan mulai saja, jangan disimpan di dalam pikiran saja, karena tidak akan jadi, dan yang terpenting ketika usahanya jalan. Jangan ingin terburu-buru menjadi bos, belum apa-apa sudah ingin merekrut orang, jadi jalankan dulu saja semampunya, kalau sudah tak mampu, sudah tidak kepegang baru merekrut orang, pesan Fadli.

Baca Juga :
Melalui Pelatihan dan Pendidikan Kewirausahaan Nasional 2022, Universitas Brawijaya Dorong Mahasiswa Berwirausaha

Menanggapi hal ini, Fuad Nur Hasan selaku kepala BSI Entrepreneur Center (BEC) Universitas BSI, mengaku bangga dengan keberhasilan yang dicapai Muhammad Fadli Readi dalam berbisnis. Saya bangga dengan Fadli dalam merintis usahanya. Saya berharap usahanya semakin berkembang, dan bisa membawa manfaat besar untuk orang lebih banyak lagi, tuturnya dalam keterangan tertulis, Ahad (26/6/2022).

Original Source

Topik Menarik