6 Cara ampuh bersihkan cobek, bebas belatung dan mudah ditiru

6 Cara ampuh bersihkan cobek, bebas belatung dan mudah ditiru

Nasional | brilio.net | Minggu, 26 Juni 2022 - 14:31
share

Brilio.net - Baru-baru ini warganet di media sosial tengah ramai membahas soal eksperimen cobek batu yang mengeluarkan belatung saat dibakar. Pemilik akun TikTok/@krasivaya116 mencoba meletakkan cobeknya yang sudah diberi sedikit air di atas api kompor. Ternyata, tak seberapa lama, dari pori-pori cobeknya keluar hewan kecil menyerupai belatung.

foto: TikTok/@krasivaya116

Hal ini menarik banyak antusias dari warganet. Banyak yang bertanya-tanya kenapa hal tersebut bisa terjadi. Tak jarang pula, warganet turut mencoba cara tersebut untuk melihat apakah cobek masing-masing juga memiliki belatung di dalamnya.

Di samping itu, seorang chef rumahan yang menyebut dirinya Chef Nausa juga tertarik membahas seputar cobek ini. Memang ia belum pernah melihat secara langsung, tetapi menurutnya, belatung dari cobek tersebut tak mungkin ada tanpa alasan. Salah satunya disebabkan oleh sisa bahan makanan yang masih menempel.

foto: TikTok/@chefnausa

"Masih ada kacang-kacang sisa-sisa cabai yang menempel, atau sisa terasi, itu akan menarik lalat untuk hinggap dan bertelur di situ," jelasnya dilansir dari TikTok/@chefnausa.

Menurut penjelasan Chef Nausa, adanya belatung pada cobek ini bisa dikarenakan dibawa oleh lalat maupun cobek yang masih memiliki sisa bahan makanan karena tidak dibersihkan dengan benar. Sehingga, saat cobek dipanaskan, otomatis belatung di dalamnya keluar.

Penjelasan Chef Nausa seputar cara membersihkan cobek ini juga menuai banyak komentar positif dari warganet. Banyak yang terbantu agar lebih teliti dalam menggunakan, membersihkan, dan menyimpan cobek biar nggak mudah mengundang belatung bersemai di cobek.

" Trus kyaknya sih gara gara lembab dan jadi banyak kuman, trus jdi gitu, " ujar pemilik akun TikTok/@dapa forger

" Naah ini penjelasan yg Paling masuk akal. Sy klo naro cobek ditengkurepin, nyuci nya disikat, makasih ya Chef info nya, " tulis akun TikTok/@callmerina1.

" Thats why aku selalu cuci alat masak dan makan sebelum ku pake meskipun sebelumnya udah aku bersihin, " komentar akun TikTok/@zhaharaannisa.

" Aku biar pun udah kucuci bersih, tp pas mau kupake ya kucuci kembali apa pun perabotannya, " jelas akun TikTok/@uminadhiroh619.

" Untung ntn chef Nausa, jdi ngga meragukan lagi, udh tenang gara ntn video cobek keluar blatung, " ungkap TikTok/@Najma.

Ia pun menjelaskan beberapa cara yang bisa dilakukan untuk menjaga cobek tetap bersih. Penasaran seperti apa? Berikut enam cara bersihkan cobek hingga bersih dan bebas belatung, dilansir BrilioFood dari TikTok/@chefnausa, Minggu (26/6).

1. Direndam terlebih dahulu sebelum digunakan bisa mendorong belatung dari dalam cobek keluar.

foto: Unsplash/Bibi Pace

2. Selalu bersihkan cobek tak hanya sesudah digunakan, tetapi sebelum digunakan juga.

foto: Pexels/Miguel . Padrin

3. Simpan cobek di tempat yang steril, bersih, dan tak mengundang lalat.

foto: Pexels/RODNAE Productions

4. Dicuci dengan air mengalir, kalau perlu disikat sampai tak ada sisa bahan makanan menempel di cobek.

foto: Unsplash/Daiga Ellaby

5. Cobek juga wajib dibersihkan sampai bau makanan hilang biar nggak mengundang lalat hinggap di cobek.

foto: Unsplash/Girl with red hat

6. Keringkan dan jangan biarkan cobek lembap usai dibersihkan.

foto: Pexels/Pixabay

@chefnausa #stitch with @Ayy original sound - Chef Nausa

Lihat disini

Topik Menarik