Loading...
Loading…
Inilah 5 Desa Wisata yang Berhasil Dikenal Dunia

Inilah 5 Desa Wisata yang Berhasil Dikenal Dunia

Nasional | riau24.com | Jumat, 24 Juni 2022 - 11:30

RIAU24.COM-Desa Wisata adalah bentuk sebuah integrasi antara atraksi, akomodasi, dan fasilitas pendukung yang disajikan dalam suatu struktur kehidupan masyarakat yang menyatu dengan tata cara dan tradisi suatu kelompok yang berlaku. Kehidupan desa wisata biasanya merupakan masyarakat pariwisata pedesaan atau merupakan suatu objek dan daya tarik berupa kehidupan desa yang memiliki ciri-ciri khusus dalam masyarakatnya.

Desa wisata menjual kehidupan desa sebagai objek sekaligus sebagai subjek dari kepariwisataan tersebut. Nantinya, aktivitas dan atraksinya akan diminati oleh wisatawan secara langsung.

Dalam objek desa wisata masyarakat menjadi peran penting karena mereka akan saling berinteraksi secara langsung dibawah pengelola dan wajib memiliki kepedulian serta kesadaran bersama dalam menyesuaikan perbedaan.

zxc1

Berikut 5 desa wisata yang terkenal di Kancah Internasional

1. Desa Pemuteran, Bali

Sumber: internet

Desa Pemuteran Bali sudah ada sejak 16 Agustus 1967. Desa ini dulunya sebuah banjar dinas yang disebut Banjar dinas pemuteran dan merupakan bagian dari Desa Sumberkima. Desa ini berada pada gunung pulaki yang merupakan batas desa ujung timur yang keberadaannya agak menonjol ke pantai.

Baca Juga :
Wisata Boonpring Binaan Astra Raih Penghargaan Level Asean

Telah menjadi desa wisata, destinasi ini menawarkan 5 atraksi spesial ketika berkunjung antara lain, menikmati surga wisata bahari sambil snorkeling dan diving, berkunjung ke penangkaran penyu, bersantai di pantai Pemuteran, menikmati pemandangan desa dari ketinggian di bukit kursi Pemuteran, dan menikmati kuliner setempat.

2. Desa Penglipuran, Bali

Sumber: internet

Masih di daerah Bali yang tidak habis menawarkan destinasi alamnya, setiap sudut Kota Bali berhasil menjadi objek wisata yang indah. Desa Penglipuran dinobatkan sebagai desa terbersih di dunia melalui Indonesia Sustainable Tourism Award pada tahun 2017. Desa ini terletak di Bangli. Desa Penglipuran ini masih sangat menjunjung tinggi nilai-nilai luhur nenek moyang. Terlihat dari tata ruang desa mengusung konsep adat secara turun temurun.

3. Desa Nglanggeran, Yogyakarta

Sumber: internet

Beda halnya dengan suasana Bali, Desa Nglanggeran yang terletak di Gunungkidul ini lebih menjual pemandangan mentari yang bisa dirasakan setelah trekking sejauh 700 mdpl. Dari puncak gunung Api purba Nglanggeran ini banyak keindahan yang bisa kita lihat.

Baca Juga :
Salut, Desa Binaan Astra Raih Penghargaan Level ASEAN

Dalam desa wisata ini juga terdapat air terjun Kedung Kandang yang sangat indah. Keasrian tanah jawa masih kerasa dengan atraksi alat musik yang bisa dimainkan. Desa wisata dikenal sebagai desa bersih, Nglanggeran juga menawarkan kebersihan yang tak kalah dari desa lainnya.

4. Desa Pentingsari, Yogyakarta dan

Sumber: internet

Berada di desa wisata Pentingsari menawarkan pengunjung untuk mengenal bahan makanan dan pembuatan makanan tersebut. Adapun aktivitas yang bisa dilakukan di desa ini adalah, menambah wawasan tentang obat herbal dan konsultasi, melakukan aktivitas UMKM untuk aneka oleh-oleh, permainan dan kegiatan alam di desa wisata pentingsari, ada fasilitas camping yang nyaman dan serunya berbaur dengan warga desa dalam membuat batik.

zxc2

5. Desa Tamansari, Banyuwangi.

Sumber: internet

Kehijauan ditawarkan dari desa wisata tersembunyi bernama Desa Tamansari ini. Memiliki makanan tradisional Getuk Lindri menambah momen indah yang bisa dibawa pulang oleh pengunjung desa ini.

Keindahan alam, taman dan pepohonan hijau pun ada di desa wisata yang telah mendunia ini. Satu hal yang penting, desa tamansari memiliki jenis kopi robusta dengan rempah dan teknik giling basah.*

Original Source

Topik Menarik