Anies Baswedan Mau Lengser Aja Bikin Susah Warga

Anies Baswedan Mau Lengser Aja Bikin Susah Warga

Nasional | genpi.co | Jum'at, 24 Juni 2022 - 10:10
share

GenPI.co - Warga Jakarta protes kebijakan Gubernur Anies Baswedan yang mengubah 22 nama jalan di DKI dengan nama sejumlah tokoh betawi.

"Kalan nama jalan diganti berarti kan harus ubah juga di KTP, KK, SIM, dan dokumen lainnya. Orang (Anies) mau lengser aja bikin susah warga," ujar Badrun (35), warga Kembangan, Jakbar, Jumat (24/6).

Badrun mengatakan dengan masa jabatan yang akan berakhir, Anies seharusnya tidak usah mempersulit warganya.

"Dia enak kalau udah nggak jadi gubernur, tinggal buang badan. Lah kita harus urus dokumen ke sana ke mari," sesalnya.

Sementara itu, Pengamat kebijakan publik dari Universitas Trisakti Trubus Rahadiansyah menilai, peresmian perubahan nama jalan di DKI Jakarta tidak dipolitisir.

Dia menduga, pergantian nama sebanyak 22 jalan dengan nama tokoh Betawi hanya bersifat politis semata.

"Ini hanya kepentingan-kepentingan yang sifatnya politis saja, untuk menaikan citra politik dari pak Anies sendiri, menurut saya," kata Trubus.

Trubus mengatakan, jika harus mengubah nama jalan menjadi nama sejumlah tokoh Betawi masih banyak jalan-jalan di DKI Jakarta jika mau diubah namanya.

"Lagian untuk apa diubah nama jalan, menurut saya politik identitas yang tidak perlu. Karena membuat masyarakat susah juga. Perubahan itu akan berdampak luas," katanya.

Bahkan, Trubus menyebutkan kebijakan Anies Baswedan dengan mengganti 22 nama jalan tokoh Betawi di Jakarta merupakan kebijakan yang salah kaprah.

"Kebijakan Anies Baswedan salah kaprah, tidak ada urgensinya untuk apa. Harusnya penataan," pungkasnya. (*)

Simak video menarik berikut:

Topik Menarik