Tiga Kloter Haji Kalsel Tiba di Makkah

Tiga Kloter Haji Kalsel Tiba di Makkah

Nasional | apahabar.com | Jum'at, 24 Juni 2022 - 05:15
share

apahabar.com, BANJARMASIN Tiga kelompok terbang (kloter) haji Kalimantan Selatan telah tiba di Tanah Suci Makkah, Arab Saudi. Kini, mereka menanti puncak ibadah haji 1443 hijriah.

Kepala Kantor Wilayah Kementerian Agama Provinsi Kalimantan Selatan Muhammad Tambrin menyatakan ketiga kloter tersebut adalah kloter 1, 2 dan 7.

Untuk kloter 7 atau kloter terakhir yang berangkat dari Embarkasi Banjarmasin karena langsung ke Makkah, karena keberangkatan gelombang ke-2 haji Indonesia, ujarnya, Jumat (24/6) dilansir Antara.

Sedang kloter 1 dan kloter 2, kata Tambrin, dari Madinah, karena berangkat sejak 12 Juni 2022, setelah melaksanakan rangkaian ibadah di Masjid Nabawi.

Kloter 3 menyusul ke Makkah pada Sabtu (25/6), demikian informasi petugas haji kita di sana, tutur Tambrin.

Dari 3 kloter yang sudah di Makkah dan 4 kloter masih di Madinah, kata dia, dilaporkan para jemaah dalam keadaan baik. Semua bisa menjalankan ibadah di tanah suci.

Marilah kita di daerah mendoakan mereka agar semuanya sehat walafiat lancar menjalankan ibadah haji hingga pulang dengan selamat ke tanah air dan dapat haji yang mabrur, ujar Tambrin.

Dia juga akan berangkat pula ke tanah suci pada 25 Juni 2022 karena mendapat tugas khusus dari Menteri Agama RI Yaqut Cholil Qoumas jadi pengendali haji Indonesia di Arab Saudi.

Tambrin akan bertugas di Arab Saudi selama 23 hari bersama 4 Kepala Kanwil Kemenag yang ditunjuk menteri.

Tugas pihaknya sebagai pengendali haji di Arab Saudi membantu operasional haji, pengawasan pelayanan haji seperti hotel, katering dan transportasi.

Embarkasi Banjarmasin, Kalsel menerbangkan sebanyak 7 kloter, yaitu, 5 kloter dari Kalsel dengan kuota haji sebanyak 1.743 orang.

Sementara itu 2 kloter dari Kalimantan Tengah (Kalteng) dengan kuota haji sebanyak 739 orang.

Topik Menarik