Sugianto Sabran Bacakan Rekomendasi Rakernas Ini Strategi Pemenangan Pemilu 2024 PDIP

Sugianto Sabran Bacakan Rekomendasi Rakernas Ini Strategi Pemenangan Pemilu 2024 PDIP

Nasional | rm.id | Kamis, 23 Juni 2022 - 20:11
share

DPP PDIP menggilir beberapa kepala daerah untuk membacakan rekomendasi dalam penutupan Rapat Kerja Nasional (Rakernas) II 2021, di Lenteng Agung, Jakarta Selatan, Kamis (23/6). Selain Gubernur Jawa Tengah Ganjar Pranowo, Gubernur Kalimantan Tengah Sugianto Sabran juga mendapat tugas membacakan rekomendasi Rakernas PDIP itu. Sugianto membacakan rekomendasi untuk pemenangan Pemilu 2024.

Sugianto membacakan rekomendasi itu di hadapan Ketua Umum PDIP Megawati Soekarnoputri, dan para ketua DPP PDIP. Termasuk Kepala Pusat Analisa dan Pengendali Situasi PDIP Prananda Prabowo serta Ketua DPP PDIP bidang Politik Puan Maharani, Sekjen Hasto Kristiyanto, dan Bendahara Umum Olly Dondokambey.

Pertama, Rakernas II PDIP menetapkan strategi pemenangan Pemilu 2024 dengan semangat gotong royong berbasis teritorial yang bertumpu pada kekuatan mesin partai dengan melibatkan seluas-luasnya petani, buruh, nelayan, pemuda-mahasiswa, perempuan, pemilih milenial, dan pemilih pemula.

Kedua, Rakernas II merekomendasikan penyempurnaan sistem rekrutmen dan seleksi calon anggota DPR, DPD, DPRD Provinsi, dan DPRD Kabupaten/Kota serta pasangan calon kepala daerah dan wakil kepala daerah Partai. Penyempurnaan kualitas kader dilakukan melalui seleksi calon berdasarkan psikotes, kaderisasi di Sekolah Partai, dan penugasan kader partai.

Atas dasar hal tersebut, maka proses penjaringan, penyaringan, dan penetapan Daftar Calon Anggota Legislatif di seluruh tingkatan dimulai pada Agustus 2022," kata Sugianto.

Ketiga, Rakernas II menegaskan komitmen seluruh jajaran DPP untuk terlibat secara aktif mengikuti seluruh ketentuan tahapan Pemilu secara detail dan bersungguh-sungguh, dimulai dari tahap pendaftaran, verifikasi, penetapan partai politik sebagai peserta pemilu hingga pemungutan, penghitungan, rekapitulasi, dan penetapan hasil Pemilu 2024.

Keempat, Rakernas II mendorong peningkatan kualitas pemilu. Berkaitan dengan hal tersebut, sistem dan pelaksanaan pemilu wajib menjamin terpenuhinya hak konstitusional warga negara untuk memilih melalui peningkatan integritas penyelenggara pemilu.

"Rakernas II Partai juga menegaskan tahapan pemilu dilaksanakan secara efisien, efektif, dan akuntabel dengan mengedepankan keselamatan penyelenggara pemilu. Karenanya, para penyelenggara pemilu diwajibkan membuat aturan terkait dengan integritas dan komitmen peserta pemilu bagi terwujudnya pemilu yang aman dan damai demi tetap tegaknya NKRI, persatuan dan kesatuan bangsa," kata Sugianto.

Topik Menarik