RD Tetap Soroti Kekurangan Rans Meski Menang Telak Atas Persija

RD Tetap Soroti Kekurangan Rans Meski Menang Telak Atas Persija

Nasional | republika | Kamis, 23 Juni 2022 - 05:15
share

REPUBLIKA.CO.ID, SAMARINDA -- Rans Nusantara FC meraih kemenangan telak 5-1 atas Persija Jakarta pada pertandingan Grup B Piala Presiden 2022 di Stadion Segiri Samarinda, Kalimantan Timur, Rabu (23/6/2022) malam. Walau menang besar, pelatih Rans Nusantara FC Rahmad Darmawan tetap menyoroti kekurangan timnya pada laga tersebut.

Evaluasi tak hanya mengarah pada momentum penyelesaian akhir, melainkan juga lini pertahanan. Khususnya dalam mengantisipasi serangan lawan memasuki menit akhir pertandingan.

"Intinya kami berharap para pemain harus selalu siap dan waspada dengan pergerakan lawan," kata pelatih yang akrab disapa RD usai pertandingan.

Pada laga tersebut, RD mengakui menerapkan strategi yang berbeda dari dua laga yang dilakoni tim berjuluk the Phoenix tersebut. Ia menginstruksikan para pemainnya untuk melakukan pengawalan ketat kepada semua pemain Persija. Dari momentum itu bisa terlahir gol akibat kesalahan lawan karena salah dalam mengantisipasi bola.

RD bersyukur karena pada laga tersebut para pemainnya bisa mencetak gol sejak menit awal babak pertama. Situasi itu menambah kepercayaan diri para pemainnya untuk mengembangkan taktik dan strategi di lapangan.

"Secara umum tim kami telah berjuang dengan baik, dan poin pentingnya kami bisa meraih kemenangan pertama di turnamen pramusim ini," kata RD.

Pada laga itu, RD sengaja memberikan kesempatan sekitar 30 menit kepada Makan Konate untuk mencicipi pertandingan. Ia berharap Konate bisa cepat beradaptasi dengan tim.

"Momentum pertandingan sangat diperlukan Konate untuk memulihkan kemampuan terbaiknya," jelas RD.

Sementara asisten pelatih Persija Ferdiansyah menyatakan permohonan maaf kepada para pendukung Macan Kemayoran karena dua kali gagal meraih poin di Piala Presiden 2022. "Kami bermain tidak sebaik seperti lawan Barito. Anak-anak terlihat ragu dan banyak melakukan kesalahan," kata Ferdiansyah.

Pada laga berikutnya, lanjut Ferdiansyah timnya akan turun dengan kekuatan pemain senior karena pemain junior hanya diberikan kesempatan melakoni dua pertandingan. "Sejumlah pemain junior akan dipulangkan ke Jakarta, dan laga selanjutnya kami akan turun dengan kekuatan penuh," jelas Ferdiansyah.

Atas hasil ini, Rans memuncaki klasemen Grup dengan nilai lima. Sementara Persija masih terpuruk di dasar klasemen.

Klasemen Sementara Grup B Piala Presiden 2022:

1. Rans Nusantara FC (5 poin)

2. Barito Putera (5 poin)

3. Borneo FC (4 poin)

4. Madura United (1 poin)

5. Persija Jakarta (0 poin)

Topik Menarik