Hamas Disebut akan Pulihkan Hubungan dengan Rezim Suriah

Hamas Disebut akan Pulihkan Hubungan dengan Rezim Suriah

Nasional | republika | Kamis, 23 Juni 2022 - 01:03
share

REPUBLIKA.CO.ID, GAZA --Kelompok perlawanan PalestinaHamasbersiap untuk memulihkan hubungan dengan rezim Suriah setelah terhenti selama 10 tahun, kata seorang sumber Palestina pada Selasa (21/6/2022).

"Kedua belah pihak akan membuka fase baru dalam hubungan mereka di periode mendatang," kata sumber yang tidak mau disebutkan namanya kepada AnadoluAgency.

Sumber itu mengatakan kelompokHezbollahdi Lebanon melakukan "upaya tak kenal lelah" untuk menengahi perselisihan kedua belah pihak.

Hezbollahmendapat lampu hijau untuk mendekatkan pandangan antaraHamasdan rezim Suriah, imbuh dia.

Menurut sumber itu, langkah untuk membuka halaman baru dalam hubungan dengan rezim Suriah didukung secara bulat oleh kepemimpinanHamas.

Sejak 1999,Hamastelah menggunakan Damaskus sebagai markas besar kepemimpinannya di luar negeri, hingga 2012 ketika kelompok itu meninggalkan negara itu setelah meletusnya perang di Suriah.

Meski begitu, sumber tersebut mengatakan rezim Suriah sampai saat ini menentang pemulihan hubungan denganHamas. Menurut dia, sebuah pertemuan baru-baru ini digelar antara pemimpinHezbollahHassanNasrallahdan seorang pemimpinHamasdi mana mereka menyetujui langkah-langkah menuju normalisasi hubungan dengan rezim Suriah.

Topik Menarik